Kabupaten
Kuantan Singingi

Alumni ITB Ciptakan Inovasi Alat Pendeteksi Kualitas Air Untuk Budidaya Ikan Di Kuantan Singingi

Teluk Kuantan - Plt Bupati Kabupaten Kuantan Singingi Drs. H. Suhardiman Amby, Ak., MM yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kuantan Singingi H. Dedi Sambudy, S.Kep, S.K.M., M.Kes mengunjugi Kolam Ikan Arwana Desa Benai dalam rangka Alumni ITB serah terima Alat Pendeteksi Air kepada Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi , 26/08/2022

 

Dalam kegiatan ini juga dihadiri oleh, Kepala Dinas Perikanan Agusmandar, S.Sos., M.Si, Kepala Bappeda Ir. H Samsir Alam., MM. Camat Benai, Kabag Setda, dan beberapa Kepala Desa Benai, perangkat desa Kecamatan Benai, Mahasiswa (ITB) Institut Teknologi Bandung, dan mahasiswa Uin Suska Riau.

 

Sekretaris Daerah menyampaikan apresiasi kepada mahasiswa Itb "Saya sangat mendukung tujuan dr kegiatan ini, dengan terciptanya alat ini sehingga kita tidak susah lagi mengetahui suatu kadar air dalam pengembangan budidaya ikan. karena di Kuantan Singingi Khususnya Benai, Potensi perikanan sangat tinggi, peluangnya sangat besar, tinggal bagaimana kita mengembangkan peluang tersebut,"  Ucapnya.

 

Salah satunya adalah potensi pengembangan ikan hias, karna ada tiga cluster dalam budidaya ikan ini seperti budidaya ikan nila, lele dan ikan hias, jenis ikan hias diantaranya arwana.

 

"Dalam budidaya perikanan ini kita harus memberikan perhatian penuh"

 

Dedi Sambudy juga memberikan arahan kepada Kepala Desa Koto Benai mengenai budidaya ikan, "Kepada Kepala Desa diharapkan untuk memberi tahu kepada masyarakat sekitar untuk membentuk kelompok tani, dalam pengembangan budidaya perikana, Ucapnya.

 

Kemudian Kepala Dinas Perikanan memberikan apresiasi kepada masyarakat "kita juga akan kembangkan dari jenis ikan lokal, seperti ikan Gabus. dan peran kami dari dinas perikanan sesuai fungsinya akan terus memberikan dukungan untuk menunjang kegiatan dari sektor pertanian, perikanan dan pariwisata, "Jelasnya.

 

"Saya sangat memberikan apresiasi kepada mahasiswa ITB yang sudah menciptakan alat ini, karna dalam budidaya ikan ini pasti memerlukan sarana dan prasarana, salah satunya alat pendeteksi air, alat ini sangat bermanfaat dalam mendeteksi ph air dengan menggunakan teknologi yang canggih saat ini, yaitu berbasis digital, Jelasnya.

 

Dalam kegiatan tersebut Mahasiswa ITB juga menjelaskan kegunaan alat pendeteksi kualitas air kepada pemerintah daerah di lokasi tersebut.

 

Faiza Alfi mangatakan "Untuk mengetahui kualitas air di dalam kolam, kita menggunakan sensor yang terkoneksi di dalam Smartphone, semuanya sudah terekam secara otomatis 24 jam mengenai Ph air, suhu, oksigen, kelembaban, partikel padat di dalam air. Dan nanti kita bisa melihat data tersebut tidak harus di dekat kolam, tapi dimanapun bisa kita lihat karna sudah terkoneksi ke satu aplikasi dari sensor yang kita pasang, Jelasnya.

0 Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *
Note: HTML is not translated!

Kuansing Profile

  • Bupati
    Drs. H. Suhardiman Amby ,Ak. MM
  • Wakil Bupati
    -
  • Hari Jadi
    12 Oktober 1999
  • Luas
    7.656,03 km2
  • Penduduk
    325.307 jiwa (2016)
  • Kepadatan
    41,53 km2 (2016)
  • Kecamatan
    15
  • Kelurahan
    11
  • Zona Waktu
    WIB (GMT +7)
  • Kode Telepon
    +62 0760
  • Koordinat
    0 000 -1 0 00 LS
    101 0 02 - 101 0 55 BT
  • Ketinggian
    400 mdpl
LPPL Kuansing FM
LPPL Kabupaten Kuantan Singingi