Kabupaten
Kuantan Singingi

Bupati dan Wakil Bupati Terima Gelar Adat dari LAMR Kuansing

Telukkuantan- Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), resmi terima gelar dari Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kuantan Singingi, Rabu (09/10) di SMA Pintar Telukkuantan.

Sebelum pemberian gelar adat dilakukan, Bupati dan Wabup dijemput di rumah dinas oleh petugas LAMR Kabupaten Kuansing untuk mengikuti proses penabalan adat di aula SMA Pintar Telukkuantan,

Hadir pada acara pemberian gelar adat ini,Ketua Umum Dewan pimpinan harian LAMR, Datuk Seri Syahril Abubakar dan Datuk Seri Timbalan Setia Amanah Brigjen TNI Purn H Edy Natar Nasution. 

Pada prosesi penabalan bupati dan wakil bupati, Datuk Seri Syahril Abubakar terlebih dulu mengukuhkan Ketua Umum Majelis Kerapatan Adat LAMR Kabupaten Kuantan Singingi Pebri Mahmud sebagai Datuk Seri Amanah Adat. 

LAMR juga menabalkan Ketua Umum Dewan Pimpinan Harian LAMR Kuansing, Sardiyono sebagai Datuk Seri Amanah Adat.

Acara yang penuh sakral dan ritual tersebut juga dihadiri oleh para datuk penghulu dan datin se Kuansing yang sudah menunggu bupati dan wakil bupati di aula. 

Selain itu, sejumlah tokoh pembesar di Kuansing juga turut hadir dalam acara tersebut, seperti Kapolres, Pabung Kodim, anggota DPRD serta masyarakat dan pemangku adat di Kuansing. 

Ketua Umum Majelis Kerapatan Adat LAMR Kabupaten Kuantan Singingi Pebri Mahmud mengatakan, pada hari ini Bupati Kuansing Drs H Mursini bakal diberikan gelar adat Datuk Seri Setia Amanah Mangkuto Bandaro Sutan Malano.

Sedangkan Wakil Bupati Kuansing H Halim diberi gelar adat Datuk Seri Timbalan Setia Amanah.

"Apabila dikemudian hari terjadi salah dan silih yang beriman membuang syarak, maka gelar ini akan tanggal sebagaimana tanggalnya keadilan dan amanah dari pemegangnya," katanya. 

Sementara Bupati Kuansing Drs H Mursini mengaku bahagia dan terimakasih atas penabalan ini. 

"Kami merasa didoakan setia sebagai pemimpin dalam negeri yang beradat," katanya. 

Penabalan adat ini katanya, merupakan amanah yang tidak ringan. Untuk itu, pihaknya dan wakil bupati dituntut harus menjalankan visi dan misi Kuansing. 

"Sifat amanah perlu dilaksanakan. 

Maka gelar ini menekan kami akan tugas-tugas kami sebagai bupati dan wabup," katanya. 

Bupati juga mengingatkan pemimpin dan ulama harus seiring sejalan dalam memajukan Kuansing kedepannya. Karena dalam pemerintahan tidak akan lepas dari kebersamaan dan kekompakan.  

"Kerjasama berbagai elemen sangat diperlukan pembangunan kedepan. Termasuk LAMR Kuansing yang baru dikukuhkan harus bersama-sama membangun Kuansing," harapnya. Sumber : Situsriau.com

 

0 Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *
Note: HTML is not translated!

Kuansing Profile

  • Bupati
    Drs. H. Suhardiman Amby ,Ak. MM
  • Wakil Bupati
    -
  • Hari Jadi
    12 Oktober 1999
  • Luas
    7.656,03 km2
  • Penduduk
    325.307 jiwa (2016)
  • Kepadatan
    41,53 km2 (2016)
  • Kecamatan
    15
  • Kelurahan
    11
  • Zona Waktu
    WIB (GMT +7)
  • Kode Telepon
    +62 0760
  • Koordinat
    0 000 -1 0 00 LS
    101 0 02 - 101 0 55 BT
  • Ketinggian
    400 mdpl
LPPL Kuansing FM
LPPL Kabupaten Kuantan Singingi