Kabupaten
Kuantan Singingi

Bupati H. Mursini Hadiri Rakornas Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial Tahun 2018 di Jakarta

JAKARTA - Bupati Kuansing Drs. H. Mursini, M.Si Rabu (7/3) menghadiri acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial Tahun 2018. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Kemendagri bertempat di Hotel Bidakara Jakarta ini, dihadiri oleh Menkopulhukam Wiranto sekaligus membuka acara, Mendagri Tjahyo Kumolo, Dirjen dilingkungan Kemendagri, Kabinda se Indonesia, karo ops Polda dan As Intel Kajati se indonedia, Sekda Provinsi se Indonesia, kaban Kesbangpol Provinsi dan kabupaten/kota se Indonesia dan bupati/walikota se Indonesia.

Ketua Panitia penyelenggara Dirjen Pol Pum Soedarmo, menjelaskan tujuan dari kegiatan ini adalah terciptanya sinergitas antara pemerintah pusat dan daerah dan instansi terkait dalam penanganan konflik sosial secara konfrehensif, integritas, efektif, efisien, akuntabel, dan transparan serta tepat sasaran dan adanya kesiapsiagaan dalam menghadapi pilkada 2018.

Metode kegiatan yang ditaja Kemendagri pada Rakor ini adalah mengedepankan metode ceramah dan diskusi atau dialog interaktif kepada seluruh peserta.

Hasil yang akan dicapai setelah rakor adalah terbangunnya kesepahaman, kesamaan, visi, misi persepsi, dan strategi antar tim terpadu tingkat pusat dan daerah dalam rangka penanganan konflik sosial. Selanjutnya, terciptanya koordinasi serta hubungan yang sinergitas antara tim terpadu baik pusat maupun daerah dalam rangka penanganan konflik sosial serta tersusunnya rekomendasi saran kebijakan sebagai bahan acuan dalam penanganan konflik sosial.

Sementara itu Menkopolhukam Wiranto ketika memberi arahan menekankan agar seluruh daerah dapat memenimalisir setiap konflik yang akan dan sudah terjadi akibat masalah sosial terasuk masalah pilkada yang akan dihadapi pada tahun ini.

"Setiap pimpinan di daerah baik provinsi maupun kabupaten/kota harus sering berkoordinasi dengan jajarannya maupun instansi vertikal yang ada didaerah masing masing sehingga bilamana konflik sosial itu akan muncul bisa teratasi dengan cepat dan baik," ingat Wiranto.

Sementara itu Bupati Kuansing Mursini dikesempatan yang sama terkait dengan Rakor ini menyampaikan bahwa penanganan konflik yang diselenggarakan Kemendagri dalam bentuk rakornas ini sangat baik untuk memberi pemahaman bagi daerah untuk mengetahui potensi konflik sosial apa saja yang harus diantisipasi serta cepat pula untuk bisa mengantisipasinya sehingga tidak melebar dan dapat menimbulkan perpecahan di tengah masyarakat.

0 Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *
Note: HTML is not translated!

Kuansing Profile

  • Bupati
    Drs. H. Suhardiman Amby ,Ak. MM
  • Wakil Bupati
    -
  • Hari Jadi
    12 Oktober 1999
  • Luas
    7.656,03 km2
  • Penduduk
    325.307 jiwa (2016)
  • Kepadatan
    41,53 km2 (2016)
  • Kecamatan
    15
  • Kelurahan
    11
  • Zona Waktu
    WIB (GMT +7)
  • Kode Telepon
    +62 0760
  • Koordinat
    0 000 -1 0 00 LS
    101 0 02 - 101 0 55 BT
  • Ketinggian
    400 mdpl
LPPL Kuansing FM
LPPL Kabupaten Kuantan Singingi