Kabupaten
Kuantan Singingi

Bupati Mursini Buka Kegiatan Rencana Penilaian Dan Survey Persepsi Tingkat Maturitas SPIP Pemda Kuansing

Teluk Kuantan - Bupati Kuansing Drs.H.Mursini,M.Si buka secara resmi Kegiatan  Rencana Penilaian Dan Survey Persepsi Tingkat Maturitas Sistim Pengendalian Intern Pemerintah Daerah Kuansing Selasa (25/09/2018) di Aula SMA Negeri Pintar Kuantan Singingi.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Inspektorat Kuantan Singingi dihadiri oleh Sekda Kuansing DR.Dianto Mampanini,SE.MT, Asisten, Kadis dan Kaban serta Pejabat Eselon III dan IV di Lingkungan Pemerintah Daerah  Kabupaten Kuansing.

Bupati Mursini sebelum membuka acara secara resmi menyampaikan sambutannya mengatakan sesuai Peraturan Pemerintah No. 60 tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dijelaskan bahwa sistim pengendalian intern diselenggarakan secara menyeluruh baik dilingkungan Pemerintah Pusat maupun Daerah.

Sistem ini sambung Bupati Mursini, bertujuan untuk pengendalian intern yang langsung akan dipraktekkan dilingkungan Pemerintah Daerah meliputi, pengendalian lingkungan, penilaian resiko, kegiatan pengendalian, informasi dan komunikasi serta pemantauan kinerja aparatur.

Bupati Mursini berharap dengan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) ini,  diharapkan dapat menciptakan kondisi intern pemerintah yang tumbuh budaya pengawasan terhadap seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD)  dan kegiatan yang dilaksanakan dari kemungkinan penyimpangan serta meminimalisir terjadinya tindakan yang dapat merugikan negara.

"Saya sangat optimis peningkatan maturitas SPIP tidak harus dibebankan kepada Inspektorat, namu juga dibebankan secara intern kepada seluruh OPD, dan saya harapkan seluruh ASN dilingkungan Pemerintah Daerah Kuansing dapat meningkatkan kinerjanya secara maksimal agar bisa mencapai penilaian mandiri maturitas SPIP menuju level 3," harap Bupati Mursini.

Ditambahkannya, Pemerintah Daerah melalui Inspektorat yang bekerja sama dengan BPKP Perwakilan Provinsi Riau, menyelenggarakan Penilaian Mandiri Maturitas SPIP menuju level 3, acara ini merupakan lanjutan proses peningkatan Maturitas SPIP yang sebelumnya sudah dilakukan Inspektorat pada tanggal 23 September 2018 yang lalu," ucap Bupati mengakhiri sambutannya dan membuka secara resmi.

Hadir sebagai Nara Sumber Cucu Supangkat,Ak (Auditor Madya) dan Darhilman, SE.M.Si (Auditor Muda) dari BPKP Perwakilan Provinsi Riau.

1 Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *
Note: HTML is not translated!

Kuansing Profile

  • Bupati
    Drs. H. Suhardiman Amby ,Ak. MM
  • Wakil Bupati
    -
  • Hari Jadi
    12 Oktober 1999
  • Luas
    7.656,03 km2
  • Penduduk
    325.307 jiwa (2016)
  • Kepadatan
    41,53 km2 (2016)
  • Kecamatan
    15
  • Kelurahan
    11
  • Zona Waktu
    WIB (GMT +7)
  • Kode Telepon
    +62 0760
  • Koordinat
    0 000 -1 0 00 LS
    101 0 02 - 101 0 55 BT
  • Ketinggian
    400 mdpl
LPPL Kuansing FM
LPPL Kabupaten Kuantan Singingi