Kabupaten
Kuantan Singingi

Bupati Mursini Pimpin Upacara Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional Tahun 2018

TELUK KUANTAN - Bupati Kuansing Drs.H.Mursini,M.Si pimpin upacara dalam rangka memperingati Hari Agraria dan Tata Ruang  Nasional Tahun 2018 Senin (24/9/2018) di Lapangan Upacara Pemda Kuantan Singingi.

Peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional Tahun 2018 di hadiri oleh Para Asisten, Staf Ahli, Kadis, Kaban, Direktur RSUD, Kasatpol PP dan Pejabat Eselon III dan IV serta seluruh ASN di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Kuansing.

Bupati Mursini dalam kesempatan itu,  membacakan Sambutan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia. Hari Agraria dan Tata Ruang Tahun ini  mengambil Tema "Tanah Dan Ruang Untuk Keadilan Dan Kemakmuran" yang mengandung Makna Tanah Dan Ruang  sebagai Satu Kesatuan Utuh yang dapat memberikan  keadilan dan kemakmuran dalam penggunaan, pemanfaatan, pemilikan untuk seluruh masyarakat pelaku usaha maupun negara," ucap Bupati Mursini sebagaimana sambutan Menteri Agraria Dan Tata Ruang RI.

Selanjutnya masih sambutan Menteri Agraria dan Tata Ruang Republik Indonesia yang dibacakan Bupati "bahwa dalam upaya meningkatkan kualitas rencana tata ruang di Indonesia, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional sudah meluncurkan sistem informasi geografis tata ruang (GISTARU), dengan sistem ini setiap orang dapat mengakses rencana tata ruang yang berlaku secara nasional maupun yang berlaku di setiap daerah.

Selanjutnya masyarakat saat ini telah dapat mengakses rencana tata ruang nasional maupun daerah dengan sistim (GISTARU) sehingga diharapkan masyarakat dapat berperan aktif dalam proses penyusunan rencana tata ruang dan pengawasan implementasinya, baik di tingkat pusat maupun daerah.

Untuk mengurangi ketimpangan struktur penguasaan, pemilikan, penggunaan tanah, pemberdayaan masyarakat atas tanah atau hutan adat, Pemerintah telah mencanangkan Program Reforma Agraria, yang berkenaan dengan permasalahan dan sengketa pertanahan yang dihadapi, agar dapat tertangani secara konprehensif.

Harapan nya melalui Program Reforma Agraria ini  diharapkan sengketa pertanahan yang berlarut-larut, menyita waktu akan dapat teratasi, dengan program ini seluruh tanah dapat terdaftar melalui PTSL sehingga dapat mencegah terjadinya sengketa di kemudian hari.

Sebagi contoh Program Reforma Agraria ini dengan Penerapan Layanan Terintegrasi ke dalam online single submission untuk layanan izin lokasi, pertimbangan teknis pertanahan, informasi rencana detail dan tata ruang serta pengaturan zonasi.

Terakhir sebagaimana Sambutan Menteri di bacakan Bupati Mursini kedepan kita berharap agar semua jenis layanan dapat dilaksanakan secara elektronik, seiring dengan itu kita terus lakukan pembinaan sumber daya manusia agar seluruh layanan dapat terus ditingkatkan, baik dari segi kualitas layanan, juga dapat melakukan terobosan dan inovasi inovasi lainnya.

0 Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *
Note: HTML is not translated!

Kuansing Profile

  • Bupati
    Drs. H. Suhardiman Amby ,Ak. MM
  • Wakil Bupati
    -
  • Hari Jadi
    12 Oktober 1999
  • Luas
    7.656,03 km2
  • Penduduk
    325.307 jiwa (2016)
  • Kepadatan
    41,53 km2 (2016)
  • Kecamatan
    15
  • Kelurahan
    11
  • Zona Waktu
    WIB (GMT +7)
  • Kode Telepon
    +62 0760
  • Koordinat
    0 000 -1 0 00 LS
    101 0 02 - 101 0 55 BT
  • Ketinggian
    400 mdpl
LPPL Kuansing FM
LPPL Kabupaten Kuantan Singingi