Kabupaten
Kuantan Singingi

Diskominfoss: DPRD Kota Pariaman Dalami Program Smart City Kuansing

TELUKKUANTAN - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pariaman, Sumatra Barat (Sumbar) mendalami konsep smart city yang digunakan Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau. Hal itu dilakukan guna menambah pengetahuan anggota DPRD Kota Pariaman tentang smart city.

Demikian disampaikan Ibnu Hajar, Ketua Komisi I DPRD Kota Pariaman yang memimpin kunjungan kerja ke Dinas Komunikasi, Informasi, Statistik dan Persandian (Diskominfoss) Kuansing, Senin (07/06/2021) di Telukkuantan.

"Kami ingin menambah pengetahuan tentang program smart city ini, sehingga kami bisa mendukung Kota Pariaman dalam menerapkan smart city, supaya sejajar dengan kabupaten kota lainnya di Sumbar," kata Ibnu Hajar.

Komisi I DPRD Kota Padang ingin melihat sejauh mana peran DPRD Kuansing dalam mendukung program smart city yang dibuat Pemkab Kuansing. Sebab, program smart city tentunya tidak terlepas dari penganggaran. "Secara spesifiknya seperti apa? Sehingga kami mendapat perbandingan nantinya."

"Besar harapan kami, informasi tersebut kami peroleh dan ini akan menjadi ilmu dalam mendukung Kota Pariaman sebagai smart city," kata Ibnu Hajar. Kota Pariaman merupakan pemekaran dari Kabupaten Padang Pariaman yang jumlah penduduknya tidak sampai 100 ribu jiwa.

Kehadiran Komisi I Kota Pariaman disambut langsung oleh Kepala Dinas Kominfoss Kuansing, Ir H Samsir Alam MM bersama Kapala Bidang dan Kepala Seksi lainya. H Samsir Alam pun menjelaskan bahwa DPRD Kuansing sangat berperan dalam mewujudkan program smart city. Terutama dalam hal penganggaran.

"Sehingga, program smart city di Kuansing ini bisa berjalan. Saat ini, kami terus mengembangkan pelayanan berbasis digital dalam mendukung sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE)," kata H Samsir Alam.

Adapun pelayanan yang sudah diterapkan yakni e-Pendapatan, e-Kinerja, portal Kuansing dan beberapa aplikasi telah selesai dikembangkan seperti e-Office yang mana tinggal tunggu komitmen pimpinan untuk digunakan. Dari semua aplikasi ini, lanjut H Samsir Alam, Kuansing tidak menggunakan jasa vendor. Semuanya dikembangkan oleh Diskominfoss Kuansing. Dari segi biaya sangat efisien dan kerahasiaan data juga terjaga dengan baik.

"Kalau pakai vendor, jika terjadi kerusakan kita harus menunggu. Karena ini kita sendiri yang kembangkan, kita bisa terus melakukan perawatan sepanjang masa," kata H Samsir Alam Menerangkan.

0 Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *
Note: HTML is not translated!

Kuansing Profile

  • Bupati
    Drs. H. Suhardiman Amby ,Ak. MM
  • Wakil Bupati
    -
  • Hari Jadi
    12 Oktober 1999
  • Luas
    7.656,03 km2
  • Penduduk
    325.307 jiwa (2016)
  • Kepadatan
    41,53 km2 (2016)
  • Kecamatan
    15
  • Kelurahan
    11
  • Zona Waktu
    WIB (GMT +7)
  • Kode Telepon
    +62 0760
  • Koordinat
    0 000 -1 0 00 LS
    101 0 02 - 101 0 55 BT
  • Ketinggian
    400 mdpl
LPPL Kuansing FM
LPPL Kabupaten Kuantan Singingi