Kabupaten
Kuantan Singingi

DPRD Kota Padang Puji Program Smart City Kuansing

TELUKKUANTAN - Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau sudah membangun infrastruktur smart city berupa aplikasi yang memudahkan layanan kepada masyarakat. Setidaknya, untuk saat ini sudah ada beberapa aplikasi yang sudah eksis seperti e-Pendapatan dan Portal Kuansing.

"Dengan aplikasi e-Pendapatan ini, masyarakat Kuansing tidak perlu lagi datang ke Bapenda untuk membayar PBB, cukup di rumah saja. Kemudian, pembayaran bisa juga dilakukan melalui berbagai e-Commerce, seperti gopay atau LinkAja. Masyarakat Kuansing bisa bayar PBB lewat itu," kata. Ir. H. Samsir Alam, M.M, Kepala Dinas Komunikasi, Informasi, Statistik dan Persandian (Kominfoss) Kuansing, Senin (19/04/2021).

Hal ini disampaikan Kadis Kominfoss Kuansing saat memaparkan program smart city yang telah dilakukan Pemkab Kuansing kepada rombongan anggota Dewan perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang. Rombongan ini dipimpin oleh H. Djunaidy Hendry, S.T selaku Wakil Ketua Komisi III DPRD Kota Padang.

Kuansing, lanjut Kadis Kominfoss Kuansing, tengah mengembangkan pelayanan berbasis digital. Tidak hanya untuk masyarakat, tapi juga untuk para pegawai yang berada di lingkungan Pemkab Kuansing. Terbaru adalah aplikasi e-Kinerja, untuk menilai kinerja para ASN.

"Aplikasi e-Pendapatan, e-Kinerja, portal Kuansing dan yang tengah dikerjakan adalah e-Office dan beberapa aplikasi lainnya, nanti akan terintegrasi dalam smart dasbor. Kami juga akan membangun dasbor eksekutif, agar pimpinan daerah mudah mengontrol pelaksanaan pembangunan," kata Ir. H. Samsir Alam, M.M didampingi Plt Kabid Informatika, Antony Suryadinata SE, M.Eng, Kabid Komunikasi,Drs. Mulyadi Haroen dan Kabid Statistik, Suryawan S.Sos.

Sebenarnya, kata Ir. H. Samsir Alam, M.M, pihaknya sudah mengusulkan untuk pembangunan Comand Centre. Hanya saja, kegiatan tersebut di-refocussing seiring datangnya pandemi Covid-19. "Karena Comand Centre belum ada, kami siapkan layanan dulu."

"Pembuatan aplikasi ini, kami kerjakan sendiri. Tidak dikerjakan oleh pihak ketiga. Karena kami menilai jauh lebih baik dikerjakan sendiri, kalau ada apa-apa, kami cepat mengatasinya," kata Ir. H. Samsir Alam, M.M menerangkan.

Dalam hal penyebarluasan informasi, Kuansing memiliki LPPL Kuansing FM, sebuah radio lokal milik pemerintah daerah di bawah Koordinasi Kepala Seksi Penyiaran Diskominfoss Dewi Riana Arthaty, SE, M.Si. Selain itu, aplikasi Portal Kuansing ke depannya akan memberikan semua informasi tentang Kuansing. 

Kendati demikian, Samsir menilai pembangunan smart city yang dilakukan Kuansing masih jauh jika dibandingkan dengan Kota Padang. Terlebih, Kota Padang sudah memiliki Comand Centre. "Kami perlu juga banyak belajar ke Kota Padang," kata Ir. H. Samsir Alam, M.M.

Sementara itu, DPRD Kota Padang memuji program smart city yang sedang dibangun oleh Pemkab Kuansing. Sebab, dengan sumber daya seadanya, bisa membangun program smart city.

"Semangatnya luar biasa. Infrastrukturnya sudah dibangun, ada beberapa yang tidak ada sama kami. Seperti (pembayaran PBB) gopay tadi. Ini akan menjadi catatan kami untuk Pemko Padang," kata H. Djunaidy Hendry, S.T.

Djunaidy mengatakan pihaknya tertarik untuk bertukar informasi ke Kuansing, karena Kuansing sudah menjalin kerjasama dengan Kota Bandung dalam hal pengembangan smart city.

"Kita ingin lihat bagaimana smart city di Kuansing. Program smart city ini perlu, terutama dalam memberikan layanan kepada masyarakat, apalagi dalam masa pandemi. Sebisa mungkin, face to face itu dikurangi, seperti OSS di perizinan, masyarakat di rumah saja, layanan tetap jalan," kaata H. Djunaidy Hendry, S.T.

Djunaidy Hendry, S.T menilai layanan smart city di Kuansing sudah cukup bagus. Apalagi, layanan ini dibangun dan dikembangkan oleh Kominfoss sendiri. Sehingga, data-data lebih terjaga dan tentunya lebih efisien dari segi anggaran.

0 Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *
Note: HTML is not translated!

Kuansing Profile

  • Bupati
    Drs. H. Suhardiman Amby ,Ak. MM
  • Wakil Bupati
    -
  • Hari Jadi
    12 Oktober 1999
  • Luas
    7.656,03 km2
  • Penduduk
    325.307 jiwa (2016)
  • Kepadatan
    41,53 km2 (2016)
  • Kecamatan
    15
  • Kelurahan
    11
  • Zona Waktu
    WIB (GMT +7)
  • Kode Telepon
    +62 0760
  • Koordinat
    0 000 -1 0 00 LS
    101 0 02 - 101 0 55 BT
  • Ketinggian
    400 mdpl
LPPL Kuansing FM
LPPL Kabupaten Kuantan Singingi