Kabupaten
Kuantan Singingi

Event Pacu Jalur Urutan Teratas Pariwisata Riau

Telukkuantan - Bupati H.Mursini memastikan event Pacu Jalur yang menjadi kebanggan masyarakat Kuansing kembali menempati urutan teratas dari tiga event pariwisata di Riau yang masuk 100 Calender of Event Wonderful Indonesia 2020.

Bupati mengaku baru saja mendapatkan pesan bahwa event Pacu Jalur masuk dalam 100 event pariwisata yang paling menarik di Indonesia. Pacu jalur masuk kembali dalam kalender pariwisata nasional. Ucap bupati, selasa malam (15/10) di kediamannya.

“ Tahun 2019 lalu, iven Pacu Jalur tidak masuk dalam 100 wonderful event di Indonesia. Untuk kalender 2020, event Pacu Jalur kembali masuk dalam kalender pariwisata nasional,” kata Bupati H.Mursini.

Bupati membeberkan, hanya tiga event pariwisata di Riau yang masuk dalam kalender pariwisata nasional. Ketiganya kata Bupati adalah Pacu Jalur, Bono Surfing, Festival Bakar Tongkang. Dari tiga iven di Riau ini Pacu jalur menempati urutan teratas.

Sebagaimana diberitakan sejumlah media, Kementerian Pariwisata, Selasa malam tadi, meluncurkan calendar of event (CoE) pariwisata Indonesia dengan beragam atraksi wisata yang digelar dari Sabang hingga Merauke sepanjang 2020.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengatakan, CoE Wonderful Indonesia sebagai kalender pariwisata nasional merupakan salah satu program strategis Kemenpar dalam mempromosikan destinasi pariwisata di Indonesia.

Menpar berharap CoE 2020 akan berdampak besar dalam mendongkrak kunjungan turis mancanegara serta menggerakkan wisatawan nusantara ke destinasi yang tersebar di 34 provinsi di seluruh Indonesia. Tercatat sebanyak 100 event unggulan akan digelar sepanjang 2020.

Menyikapi ini, Bupati merencanakan akan menggelar International Dragon Boat atau Lomba Perahu Naga Internasional yang diikuti oleh sejumlah atlet dayung dari berbagai negara. Direncanakan acara ini akan digelar di Danau Kebun Nopi.

Menurut Bupati, jadwal lomba perahu naga ini akan dipertalikan dengan jadwal lomba pacu jalur di Tepian Narosa Telukkuantan. Sehingga atlet dayung dari berbagai negara yang menjadi peserta bisa menyaksikan lomba dayung tradisional Kuantan Singingi.

“ Rencana nanti, seusai final lomba perahu naga, esoknya langsung pembukaan pacu jalur, sehingga atlet dayung manca negara bisa menyaksikan lomba dayung tradisional kita,” katanya

Namun demikian, Bupati masih menimpali, rencana ini akan dibicarakan secara matang dengan pemerintah Provinsi Riau. Setidaknya kata Bupati Mursini harus ada sharing budget untuk mengatasi masalah dana.

“ Rencana selanjutnya nanti kita bahas dengan Pemerintah Provinsi Riau, kalau mereka siap kita akan laksanakan,” pungkas Bupati.

Sumber :Kuansingkita

0 Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *
Note: HTML is not translated!

Kuansing Profile

  • Bupati
    Drs. H. Suhardiman Amby ,Ak. MM
  • Wakil Bupati
    -
  • Hari Jadi
    12 Oktober 1999
  • Luas
    7.656,03 km2
  • Penduduk
    325.307 jiwa (2016)
  • Kepadatan
    41,53 km2 (2016)
  • Kecamatan
    15
  • Kelurahan
    11
  • Zona Waktu
    WIB (GMT +7)
  • Kode Telepon
    +62 0760
  • Koordinat
    0 000 -1 0 00 LS
    101 0 02 - 101 0 55 BT
  • Ketinggian
    400 mdpl
LPPL Kuansing FM
LPPL Kabupaten Kuantan Singingi