Kabupaten
Kuantan Singingi

Pemkab Kuansing Tetapkan Jadwal Pacu Jalur Tahun 2019

Teluk Kuantan- Dalam rangka menghadapi pesta budaya pacu jalur tahun 2019, Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kuansing sudah menetapkan jadwal tersebut. Penetapan jadwal tersebut dimulai dari rayon bagian hilir.

“Rayon I di tetapkan di Kecamatan Kuantan Hilir Seberang pada tanggal 4-6 Juli 2019. Sedangkan rayon II pada tanggal 28-29 Juli bertempat di Pangean, rayon III pada tanggal 25-27 Juli 2019 di Kecamatan Gunung Toar. Untuk rayon IV ditempatkan di Sentajo Raya pada tanggal 1-3 Agustus 2019, “Ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kuansing, Dr Indra Suandy, Senin (8/4/2019).

Indra melanjutkan, setelah seluruh rayon selesai, akan dilanjutkan festival pacu jalur mini tradisional yang ditempatkan di Tepian Narosa Teluk Kuantan, Kecamatan Kuantan Tengah, pada tanggal 16-18 Agustus 2019. Setelah itu, langsung dilaksanakan event puncak pacu jalur tingkat nasional pada tanggal 21-24 Agustus 2019.

Dengan sudah ditetapkannya jadwal rayon Perkecamatan, diharapkan setiap kecamatan yang sudah di tunjuk sebagai tuan rumah agar secepatnya mempersiapkan hal-hal yang menyangkut penyelenggaraan pacu jalur rayon tersebut.

Dan untuk festival pacu jalur tingkat nasional di Tepian Narosa, Teluk Kuantan, saat ini Indra Suandy sedang mengambil langkah-langkah. Diantaranya melakukan koordinasi dengan tokoh adat, pemuka masyarakat, pemuda, kenegrian Teluk kuantan terkait dalam melihat format atau bentuk acara.

“kita tetap akan kembalikan kebentuk asli budaya pacu jalur. Setelah dapat kesepakatan bentuknya, baru kita bentuk kepanitiaan dibentuk sesuai dengan kebutuhan, “kata Indra Suandy.

Mengenai upaya untuk memasukan event pacu jalur ke kelender Pariwisata nasional, pihaknya akan berupaya mendatangkan wisata mancanegara dengan meminta bantuan ke luar. Salah satunya meminta bantuan ke Kemenpar RI, Pemprov Riau melalui Dinas Pariwisata, Komunitas Pariwisata seperti Genpi Kuansing untuk mempromosikan pacu jalur.

Disamping itu, lanjut Indra, pihaknya akan mengumpulkan seluruh ekspatariat bule yang bekerja di perusahaan-perusahaan besar di Riau. Dengan keterbatasan finansial itu, diharapkan bisa mendapatkan tiga kesuksesan yaitu, sukses dalam pelaksanaan pacu jalur, sukses dalam meningkatkan ekonomi lokal, dan sukses dalam mendatangkan Wisman saat event pavu jalur.

Selain pacu jalur, agenda lain pada tahun 2019 yang sudah di tetapkan antara lain, Kuansing Internasional Dragon Boat pada 18-20 Agustus, jelajah Pesona Alam Kuantan Singingi pada tanggal 28-29 Agustus , jelajah Pesona Alam Kuantan Singingi pada 28-29 September di Kecamatan Kuantan Mudik. Sedangkan 5-6 September akan diadakan festival Reog Nusantara di Sentajo Raya.

“Setelah itu, ada agenda hingga akhir tahun seperti Mangayuah Fun Bike Event di Kuantan Mudik. Festival Danau Soriak di Kuantan Hilir Seberang, Festival Danau Mesjid Koto Kari dan Festival Kuliner Budaya Kuansing di Kuantan Tengah, “ Beber Indra Suandy. (Sumber : Riau Pos)

0 Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *
Note: HTML is not translated!

Kuansing Profile

  • Bupati
    Drs. H. Mursini, M.Si
  • Wakil Bupati
    H. Halim
  • Hari Jadi
    12 Oktober 1999
  • Luas
    7.656,03 km2
  • Penduduk
    325.307 jiwa (2016)
  • Kepadatan
    41,53 km2 (2016)
  • Kecamatan
    15
  • Kelurahan
    11
  • Zona Waktu
    WIB (GMT +7)
  • Kode Telepon
    +62 0760
  • Koordinat
    0 000 -1 0 00 LS
    101 0 02 - 101 0 55 BT
  • Ketinggian
    400 mdpl