Kabupaten
Kuantan Singingi

Sekda Kuansing Laporkan Penanggulangan COVID-19 Ke Gubernur Riau Melalui Video Conference

TelukKuantan - Video Conference Gugus Depan penanganan pencegahan covid 19 bersama pemerintah Riau dengan pemerintahan kabupaten kuantan singingi dimana Sekretariat Daerah Kabupaten Kuantan Singingi Dianto Mampanini di ruang kerja bupati Senin (30/3 2020).

Pada kesempatan video Conference gubernur secara umum menyampaikan arahan kepada kota dan kabupaten agar melaksanakan segala arahan tersebut Arahan gubernur Riau :

  1. Pembentukan gugus tugas harus sesuai Kepres.
  2. segera re alokasi anggaran sesuai Impres Menkeu dan mendagri – anggaran kontijensi seluruh Riau adalah 1 Triliun.
  3. Ruang isolasi di kab dan kota agar harus disiapkan – Pembelian APD, Rapid Test , vitamin, dan obat2an bisa diselenggarakan di masing masing kab dan kota
  4. Insentif kepada tenaga medis agar segera disusun agar tepat sasaran. Agar kapal yang membawa TKI dan penumpang domestik agar dipisahkan.
  5. terkait karantina TKI selama 14 hari di kota Dumai , bengkalis dan tembilahan akan dilakukan rapid test terlebih dulu sebelum dikarantina. Karena kapasitas dari tempat penampungan yang tidak cukup. Apabila hasil negatif TKI ybs dapat mengisolasi di rumah sendiri dan apabila ada yang positif bisa langsung dikarantina.
  6. Agar dinsos dan dinkes mendata masyarakat miskin yang kiranya akan terdampak secara langsung dari COVID 19 maupun terdampak tidak langsung Akibat karantina wilayah  Untuk karantina wilayah di Riau saat ini belum memungkinan karena masih adanya arus TKI yang masuk dari luar negeri. Agar dilakukan monitoring terkait harga Bapokmas dampak dari COVID 19.
  7. Lakukan Sosialisasi kepada masyarakat terkait dampak dan bahaya COVID 19. Agar dilakukan pendataan kepada warga pendatang dari daerah Epidemi seperti Jakarta, Bandung, Jogjakarta.

Apabila terdapat karantina wilayah pengangkutan barang agar tetap diberikan ijin. kepala daerah agar mengingatkan masyarakat agar meminimalisir kegiatan berkumpul dan tradisi masyarakat menjelang dan selama bulan Ramadhan. penyuluhan COVID 19 harus sampai pada tingkat RT dan RW.

Pada kesempatan Sekda juga menyampaikan bahwa sudah membentuk gugus tugas dalam pencegahan dan penanggulangan covid 19 di kabupaten kuantan Singingi. Sekda mengatakan, untuk naiknya jumlah ODP secara signifikan dikarenakan banyaknya mahasiswa dari Jawa dan daerah pandemi COVID 19 lainnya yang kembali ke kuansing, berdasarkan hasil temuan dinkes terhadap kembalinya TKI dari Malaysia ke kuansing sebanyak 3 orang.para TKI dalam kondisi baik dan tidak mengkhawatirkan. Tim gugus tugas percepatan penanganan corona di kabupaten kuantan singingi sudah terbentuk sesuai instruksi presiden. Re alokasi anggaran sudah dilakukan namun masih menunggu data pasti dari dinas terkait anggaran pasti yang akan diajukan -terkait kesiapan dalam menerima pasien COVID 19 sudah disediakan 10 bed di RSUD kuansing.

Namun sudah diajukan juga untuk menampung pasien corona di Balai Diklat wisma Jalur. Termasuk juga disediakan kamar istirahat bagi petugas kesehatan yang menangani. Salah satu giat keramaian yang rawan adalah Pasar Rakyat yang diadakan pada hari Rabu dan Minggu karena sebagian besar pedagang berasal dari sumbar dan sumut.

Akan dilakukan pemeriksaan kondisi para pedagang yang masuk di perbatasan terkait pencegahan sudah dilakukan upaya penyemprotan disinfektan di fasilitas2 umum, jalan dan tempat ibadah  Dinas kesehatan juga sudah kedatangan alat rapid test. Yang rencana awal untuk melakukan tes terhadap ODP dan TKI yang masuk,” ucap sekda menuturkan. Sumber : Karimuntoday

0 Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *
Note: HTML is not translated!

Kuansing Profile

  • Bupati
    Drs. H. Suhardiman Amby ,Ak. MM
  • Wakil Bupati
    -
  • Hari Jadi
    12 Oktober 1999
  • Luas
    7.656,03 km2
  • Penduduk
    325.307 jiwa (2016)
  • Kepadatan
    41,53 km2 (2016)
  • Kecamatan
    15
  • Kelurahan
    11
  • Zona Waktu
    WIB (GMT +7)
  • Kode Telepon
    +62 0760
  • Koordinat
    0 000 -1 0 00 LS
    101 0 02 - 101 0 55 BT
  • Ketinggian
    400 mdpl
LPPL Kuansing FM
LPPL Kabupaten Kuantan Singingi