Kabupaten
Kuantan Singingi

Bappedalitbang Kuansing Taja Konsultasi Publik Kajian Lingkungan Hidup

Telukkuantan- Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi melalui Bidang Penelitian dan Pengembangan, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) menggelar Konsultasi Publik Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Kuantan Singingi 2019-2039 di Ruang Multimedia Kantor Bupati Kuantan Singingi,  Kamis (18/7). Kegiatan tersebut dibuka Bupati Kuantan Singingi Drs. H. Mursini, M.Si.

Mengintegrasikan pertimbangan lingkungan ke dalam substansi RTRW menjadi sangat penting, sehingga penetapan RTRW tidak akan menimbulkan persoalan baru, baik secara ekonomi, sosial, budaya dan lingkungan, sehingga dapat mengakomodir semua kepentingan dengan prinsip berkelanjutan. Prinsip pengamanan dalam KLHS menjadikan RTRW mempunyai jiwa sosial, budaya, ekonomi dan lingkungan yang berkelanjutan untuk menjaga dan mempertahankan kesejahteraan masyarakat.

Demikian disampaikan Bupati Kuantan Singingi dalam pengarahannya dihadapan peserta forum konsultasi publik yang dihadiri dari berbagai stakeholder di kabupaten Kuantan Singingi yaitu dari unsur Organisasi Pemerintah Daerah, Para Camat, unsur dunia usaha, unsur Organisasi/LSM, Unsur akademisi, NGO, Pimpinan Asosiasi, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat serta perwakilan kabupaten Tetangga serta Tim Pokja KLHS RTRW dan Tim Ahli Penyusun KLHS RTRW.

Menurut Bupati, sifat RTRW merupakan suatu rencana pembangunan terperinci dan strategis, sehingga diperlukan upaya tindakan untuk memitigasi. Mitigasi diperlukan untuk menfokuskan rencana pembangunan di samping itu dilakukan formulasi kebijakan spasial/normatif yang pembangunan spesifik (misalnya  infrastruktur  transportasi  yang dibangun di kawasan hutan lindung). Dalam kasus seperti ini maka KLHS dapat membantu melakukan kajian terhadap dampak lingkungan yang diakibatkan dari pembangunan transportasi pada kawasan lindung, sehingga mitigasi terhadap dampak negatif pemanfaatan kawasan lindung tetap dapat terjaga.

“Saya sangat mendukung penuh kegiatan pelaksanaan forum konsultasi publik kajian lingkungan hidup strategis rencana tata ruang wilayah kabupaten kuantan singingi, tentu saja ini merupakan amanat dari undang-undang. Mudah-mudahan kajian ini akan mampu meningkatkan dan memaksimalkan kondisi alam kabupaten kuantan singinggi, sebagaimana visi kabupaten kuantan singingi  yaitu terwujudnya kuantan singingi yang unggul, sejahtera dan agamis”. “Peningkatan kesejahteraan masyarakat kabupaten kuantan singingi dengan mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya alam dan sumber daya manusia melalui pemerintahan yang baik, setiap tahun kabupaten kuantan singingi selalu mengalami penurunan kualitas lingkungan hidup. Siapa yang mau kita salahkan dan bertanggung jawab terhadap penurunan kualitas lingkungan hidup kita, tidak ada yang mau disalahkan. Ini merupakan tanggung jawab kita bersama” Sambungnya.

Bupati Kuantan Singingi dalam pengarahnya juga menyampaikan bahwa kajian lingkungan hidup strategis harus dapat dilakukan terintegrasi dengan proses perencanaan tata ruang. “Karena kaidah terpenting dalam proses ini pada suatu wilayah ini adalah pelaksanaan yang bersifat partisipatif,” jelasnya. “Ini sangat pentingnya bagi masyarakat agar dapat memberikan pemahaman tentang pentingnya penataan ruang melalui penataan ruang yang transparan,efektif,dan partisipatif. “Agar nantinya akan terwujud penataan ruang yang aman, nyaman, dan berkelanjutan,” tambahnya

Bupati Kuantan Singingi juga berharap agar peserta dapat berpartisipasi aktif, “Saya mengharapkan peserta forum konsultasi publik ini dapat berpartisipasi aktif alam memberikan saran serta masukan sehingga nantinya penyusunan dokumen kajian lingkungan hidup strategis sebagai persyaratan dalam penetapan ranperda tentang rencana detail tata ruang kota menjadi lebih sempurna,” .Lanjutnya.

“Pada kesempatan ini, secara khusus, saya sampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaan Kajian Lingkungan Hidup Strategis RTRW Kabupaten Kuantan Singingi semoga menjadi salah satu pengabdian kita kepada Kabupaten Kuantan Singingi yang unggul sejahtera dan agamis’' tutupnya

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan dipublikasikan. Kolom isian yang wajib diisi ditandai *
Catatan: HTML tidak diterjemahkan!

Profil Kuansing

  • Bupati
    Drs. H. Mursini, M.Si
  • Wakil Bupati
    H. Halim
  • Hari Jadi
    12 Oktober 1999
  • Luas
    7.656,03 km2
  • Penduduk
    325.307 jiwa (2016)
  • Kepadatan
    41,53 km2 (2016)
  • Kecamatan
    15
  • Kelurahan
    11
  • Zona Waktu
    WIB (GMT +7)
  • Kode Telepon
    +62 0760
  • Koordinat
    0 000 -1 0 00 LS
    101 0 02 - 101 0 55 BT
  • Ketinggian
    400 mdpl