Kabupaten
Kuantan Singingi

Bersempena Dengan Peringatan Hari Buruh, Bupati Akan Siapkan Regulasi Untuk Kesejahteraan Buruh di Kuansing

Teluk Kuantan - Peringatan May Day atau Hari Buruh Internasional 2024 di Kabupaten Kuantan Singingi diisi dengan kegiatan Audiensi bersama Pelaku Usaha dan Serikat Pekerja / Serikat Buruh Se- Kabupaten Kuantan Singingi. Bertempat di Taman Jalur, Rabu (01/05/2024).

Pada momentum ini Bupati Kuansing Dr. H. Suhardiman Amby, Ak., MM mengucapkan Selamat Hari Buruh Internasional, semoga buruh-buruh yang ada di Kuansing maupun di luar Kuansing semakin diperhatikan hak-haknya di tengah-tengah lingkungan kerja masing-masing.

Lebih lanjut Bupati Kuansing menjelaskan bahwa seluruh buruh secara terintegrasi, yakni mulai dari tingkatan paling bawah hingga atas mesti diatur dengan regulasi yang cukup, baik itu Undang-undang, Permendagri, Perda dan Perbupnya. Hal ini yang sedang diusulkan, agar buruh diatur secara sungguh-sungguh regulasinya. 

"Di Kuansing saya sudah tugaskan stakeholder terkait untuk melakukan kajian-kajian naskah akademisnya terlebih dahulu secara matang, agar nanti apa yang diinginkan oleh buruh bisa terlaksana, baik itu perlindungan tenaga kerja, hak-haknya, jam kerja dan juga standar upah," ujar Bupati. 

Bupati Kuansing, Suhardiman Amby juga memberikan apresiasi atas terselenggaranya peringatan May Day ini. Ditambah lagi dengan adanya kegiatan Donor Daerah yang difasilitasi oleh Dokkes Polres Kuansing, ada juga pemberian santunan JKM dan pemberian sembako.

“Luar biasa, kegiatan May Day tanpa adanya demo-demo. Kita justru berkumpul bersama dengan para pekerja untuk beraudiensi dan berdialog serta ada juga support dari stakeholder untuk menyelenggarakan kegiatan lainnya,” ungkap Bupati.

Sementara itu Ketua Konsulat Cabang Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Kuantan Singingi, Jhon Hendri menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan Pemkab Kuansing dalam penyelenggaraan kegiatan pada acara May Day kali ini.

“Memang kegiatan ini baru pertama kali kami laksanakan untuk memperingati May Day sekaligus menyampaikan aspirasi, karena masih banyak hak-hak buruh yang perlu menjadi perhatian Pemkab Kuansing, contohnya jaminan keselamatan kerja bagi pekerja non perusahaan yang masih banyak belum mendapatkan haknya," jelasnya. 

Jhon hendri juga meminta bahwa, momentum peringatan Hari Buruh dapat dimanfaatkan untuk saling memperkuat persatuan dan kesatuan, baik itu pekerja, pengusaha, dengan pemerintah.

Dihadiri juga oleh Waka II DPRD Kuansing Juprizal, SE., M. Si, Kapolres Kuansing AKBP Pangucap Priyo Soegito, S.I.K., MH, Pj Sekda Kuansing dr. H. Fahdiansyah, Sp. OG beserta sejumlah Kepala Perangkat Daerah, Ketua Konsulat cabang FSPMI kuansing serta perwakilan buruh dari beberapa perusahaan.

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan dipublikasikan. Kolom isian yang wajib diisi ditandai *
Catatan: HTML tidak diterjemahkan!

Profil Kuansing

  • Bupati
    Drs. H. Suhardiman Amby ,Ak. MM
  • Wakil Bupati
    -
  • Hari Jadi
    12 Oktober 1999
  • Luas
    7.656,03 km2
  • Penduduk
    325.307 jiwa (2016)
  • Kepadatan
    41,53 km2 (2016)
  • Kecamatan
    15
  • Kelurahan
    11
  • Zona Waktu
    WIB (GMT +7)
  • Kode Telepon
    +62 0760
  • Koordinat
    0 000 -1 0 00 LS
    101 0 02 - 101 0 55 BT
  • Ketinggian
    400 mdpl
LPPL Kuansing FM
LPPL Kabupaten Kuantan Singingi