Kabupaten
Kuantan Singingi

Bupati Gelar Rapat Forkompimda, Bahas Persiapan Pilgubri dan Perkembangan Aktual di Kuansing

Teluk Kuantan - Bupati Kuantan Singingi Drs.H. Mursini, M.Si memimpin rapat Forkompimda, Kamis siang (22/3) di ruang multi media kantor Bupati Kuansing.

Hadir dalam rapat ini Wakil Bupati H. Halim, Kapolres Kuansing AKBP Fibri Karpiananto, S.IK, Kajari Kuansing diwakili oleh Kasi Intelijen Revendra SH, Ketua Pengadilan Negeri Rengat, Ketua KPU Firdaus Umar SH, Ketua Panwaslu, Plt.Sekda Muharlius SE, MM serta kepala OPD dan Camat se Kabupaten Kuansing.

Rapat yang dimulai pukul 14.00 WIB itu membahas empat poin yang menjadi perkembangan terkini di Kabupaten Kuansing. Bupati Mursini menjelaskan empat poin yang dibahas tersebut adalah, pertama terkait keberadaan Patung Budha yang ada di Kecamatan Benai yang dibangun oleh perusahaan di Kecamatan Benai, dimana hasil dari rekomendasi FKUB pada rapat yang diselenggarakan baru-baru ini, patung tersebut harus dipindah karena dikuatirkan menimbulkan konflik sosial ditengah masyarakat di Kecamatan Benai.

Poin kedua, sebut bupati yang dibahas adalah persoalan perbatasan Kuansing dengan Dharmasraya, Sumbar dimana di Desa Perhentian Sungkai Kecamatan Pucuk Rantau telah terjadi penyerobotan lahan kebun Pemda Kuansing oleh masyarakat desa perbatasan atau warga Dharmasraya.

Bupati meminta penjelasan kepada Dandim Inhu-Kuansing menjelaskan upaya yang sudah dilakukan untuk mengatasi hal tersebut Kapten Jufri mewakili Dandim Inhu-Kuansing menjelaskan pihaknya bersama Pemkab Kuansing telah melakukan pengamanan terhadap lahan kebun milik Pemda Kuansing tersebut.

"Prinsipnya lahan kebun pemda sudah kita amankan dan tidak ada lagi masyarakat Dharmasraya yang menduduki lahan tersebut. Hanya saja kami perlu jalan lingkar di areal kebun agar kami mudah melakukan patroli terhadap kebun milik pemda tersebut," terang Jufri.

Persoalan ketiga, yang dibahas adalah persiapan pilgubri tahun 2018 ini. Pemkab Kuansing dalam membahas persiapan pilgubri ini mengundang KPUD dan Panwaslu Kuansing untuk memberikan penjelasan baik menyangkut tahapan, waktu pelaksanaan sampai kepada larangan yang mesti diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat.

Selanjutnya poin terakhir, yang dibahas adalah terkait dengan pembangunan tiga pilar. Yaitu pembangunan Hotel, Kampus Uniks dan pasar moderen. Dua dari tiga pilar tersebut telah lunas dibayar hutangnya oleh Pemkab Kuansing kepada pihak ketiga. Yaitu pembangunan Hotel dan Uniks.

Kasi Intelijen Kajari Kuansing Revendra SH terkait dengan pembangunan tiga pilar ini menyampaikan arahan Kajari Jufri SH bahwa terhadap kegiatan yang sudah lunas dibayar kepada pihak ketiga agar segera untuk dimanfaatkan sebagaimana peruntukannya.

Sementara untuk pembangunan Uniks dan pagar Masjid Agung Teluk Kuantan segera dilakukan audit.

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan dipublikasikan. Kolom isian yang wajib diisi ditandai *
Catatan: HTML tidak diterjemahkan!

Profil Kuansing

  • Bupati
    Andi Putra, SH, MH
  • Wakil Bupati
    Drs. H. Suhardiman Amby ,Ak. MM
  • Hari Jadi
    12 Oktober 1999
  • Luas
    7.656,03 km2
  • Penduduk
    325.307 jiwa (2016)
  • Kepadatan
    41,53 km2 (2016)
  • Kecamatan
    15
  • Kelurahan
    11
  • Zona Waktu
    WIB (GMT +7)
  • Kode Telepon
    +62 0760
  • Koordinat
    0 000 -1 0 00 LS
    101 0 02 - 101 0 55 BT
  • Ketinggian
    400 mdpl
LPPL Kuansing FM
LPPL Kabupaten Kuantan Singingi