Kabupaten
Kuantan Singingi

Bupati Hadiri Olek-olek Padang di Desa Pangkalan Indarung

Pangkalan Indarung - Bupati Kuantan Singigi Drs. H. Mursini, M.Si hadiri acara olek-olek padang atau turun ke sawah di desa Pangkalan Indarung Kecamatan Singingi, makna dari acara ini yaitu memohon ridho dan pertolongan dari Sang Pencipta agar hasil panen yang dikerjakan terhindar dari segala serangan hama dan penyakit tanaman, sehingga memperoleh produksi yang optimal.

Pangkalan Indarung adalah Desa ke tiga yang dihadiri Pemkab Kuansing dalam bulan ini, Pertama di Desa Pulau Ingu, Kecamatan Benai yang dihadiri Wakil Bupati H Halim. Kedua di Desa Pulau Lancang masih di Kecamatan Benai dihadiri oleh Bupati Mursini, M.Si. Terakhir di Desa Pangkalan Indarung Kecamatan Singingi, pada Rabu (8/11/2017) yang dihadiri Bupati Mursini, M.Si.

Selain sebagai sebuah tradisi turun temurun dari nenek moyang dan turut bersama-sama berdoa bersama masyarakat agar hasil produksi sawah bisa meningkat dan meningkatkan silaturahim antara pemerintah daerah dan masyarakat, kehadiran Bupati dan Wakil Bupati pada acara olek-olek padang tersebut, juga sekaligus memberikan informasi atau petuah kepada masyarakat terkait bidang pertanian dan pembangunan secara umum yang dilaksanakan pemerintah daerah.

Karena itu, bagaimanapun sulit medan menuju lokasi persawahan itu akan ditempuh dan diarungi oleh pimpinan pemerintah daerah bilama ada undangan masyarakat terhadap pelaksanaan olek-olek padang tersebut. Misalnya saja pada hari Rabu (8/11/2017) kemarin di Desa Pangkalan Indarung, Kecamatan Singingi dengan waktu yang sangat terbatas karena pada sore harinya dilaksanakan paripurna DPRD dengan agenda pendapat akhir fraksi terhadap APBD Perubahan 2017, Bupati Kuansing H Mursini pada siang hari Rabu tersebut menghadiri acara olek-olek padang.

Padahal, jalan menuju ke Desa Pangkalan Indarung kurang memungkinkan ketika itu karena jalan yang dilalui berlumpur akibat hujan lebat mengguyur Kuansing beberapa hari belakangan. Menurut perhitungan masyarakat, tidak menggunakan kenderaan double gardan tidak akan bisa sampai menuju desa ini karena sebagian jalan masih ada yang belum diaspal.

Begitu juga ketika sampai di Desa Pangkalan Indarung, lokasi acara masih ada sekitar 1 km lagi baru sampai ke tempat acara. Belum lagi dengan jarak 1 km tersebut harus menyeberangi Sungai Singingi selebar sekira 50 meter karena belum memiliki jembatan. Bahkan, mobil Wakil Ketua 1 DPRD Kuansing Sardiono, A.Md sempat terpuruk di tengah sungai, sehingga dirinya terpaksa keluar dari mobil turun ke sungai yang dalamnya sekitar 70 cm tersebut.

Akibatnya, celana yang dipakainya sebagian basah namun tidak menyurutkan langkah Ketua DPC PPP Kuansing itu menghadiri acara olek padang di Pangkalan Indarung yang sejatinya telah ditunggu seluruh lapisan masyarakat. Begitu juga dengan Bupati H Mursini, karena belum melaksanakan shalat Dzuhur dirinya terpaksa melaksanakan shalat Dzuhur di lokasi acara dengan beralaskan tikar seadanya.

"Saya hanya meminta kepada masyarakat Pangkalan Indarung agar mengikuti segala petunjuk teknis pertanian yang diajarkan oleh penyuluh pertanian kita. Misalnya, cara tanam yang baik itu adalah cacar legowo. Yah ikuti semua petunjuk tersebut oleh bapak-bapak petani,” pinta bupati kepada masyarakat petani Pangkalan Indarung. 

Selesai acara sejatinya, Bupati dan rombongan yang juga hadir Kadis Pertanian Ir Maisir, Kadis Perikanan dan Ketahanan Pangan Ir Emerson, Staf Ahli Marhomala Pontas, SP dan Kabag Humas dan Protokol Drs Muradi, M. Si akan melakukan tanam perdana. 

Namun, karena waktu sudah berakjak petang sementara di Teluk Kuantan sudah menunggu agenda paripurna pengesahan APBD P Tahun 2017 dengan sangat terpaksa Bupati dan rombongan tidak bisa melakukannya.

“Karena saya juga sekarang sedang di tunggu untuk menghadiri rapat paripuna Dewan dengan agenda pendapat akhir Fraksi DPRD Kuansing terhadap APBD P tahun 2017 sehubungan hal ini saya minta maaf kepada seluruh lapisan masyarakat Pangkalan Indarung tidak bisa ikut melaksanakan tanam perdana,” ujar Bupati seraya berpamitan dengan seluruh tokoh masyarakat untuk bertolak ke Teluk Kuantan.

 

di kutip dari : kapurnews.com

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan dipublikasikan. Kolom isian yang wajib diisi ditandai *
Catatan: HTML tidak diterjemahkan!

Profil Kuansing

  • Bupati
    Drs. H. Mursini, M.Si
  • Wakil Bupati
    H. Halim
  • Hari Jadi
    12 Oktober 1999
  • Luas
    7.656,03 km2
  • Penduduk
    325.307 jiwa (2016)
  • Kepadatan
    41,53 km2 (2016)
  • Kecamatan
    15
  • Kelurahan
    11
  • Zona Waktu
    WIB (GMT +7)
  • Kode Telepon
    +62 0760
  • Koordinat
    0 000 -1 0 00 LS
    101 0 02 - 101 0 55 BT
  • Ketinggian
    400 mdpl

RPD Live Streaming

Radio Pemerintah Daerah
Kabupaten Kuantan Singingi