Kabupaten
Kuantan Singingi

Bupati Kuansing Minta Masyarakat Dukung Pembangunan, 2018 ini 20 Item Proyek Untuk Kuantan Mudik

Lubuk Jambi - Pada Selasa (29/5) malam yang ketujuh pelaksanaan Safari Ramadhan Pemkab Kuansing, berada di Mesjid Nurul Amal Desa Rantau Sialang Kecamatan Kuantan Mudik.

Bupati Kuansing Drs.H.Mursini,M.Si hadir bersama Wakil Bupati H.Halim, Sekda DR.H. Dianto Mampanini SE.MT, Wakil Ketua I DPRD Kuansing Sardiyono, A.Md, Ketua TP PKK Kabupaten Dra. Hj. Emi Safitri Mursini, Ketua DWP Hj.Indra Leswary, MA, Kakan Kemenag Drs.Jisman, MA, Para Asisten, Staff Ahli, Kepala OPD, Para Kabag, Kasubag, Camat, Upika, Kades, BPD, Tokoh Masyarakat, Ninik Mamak, Alim Ulama dan ratusan masyarakat Kuantan Mudik.

Camat Kuantan Mudik, Drs.Jevrian Afriadi, M.Si dalam sambutannya menyampaikan tiga usulan yaitu: Pengaspalan Jalan Desa Rantau Sialang menuju Desa Luai sepanjang 1 Kilometer, dan Pengaspalan jalan Desa Banjar Guntung menuju Sangau sepanjang 3 Kilometer. Sedangkan Desa Air Buluh merupakan satu satunya Desa di Kecamatan Kuantan Mudik, yang belum terjangkau alat komunikasi, sehingga sulit dijangkau.
"Pasar Lubuk Jambi sudah 40 tahun tidak terbangun, dan diharapkan dapat dilakukan melalui Anggaran DAK, dengan lokasi Jalan Kasang menuju Banjar Padang. Ini bisa mendukung kepariwisataan sebagai tempat rekreasi, disamping Air Terjun dan Danau Kebun Nopi", harap Jevrian.

Menanggapi Usulan Camat Kuantan Mudik, Bupati Kuansing Drs.H.Mursini,M.Si menyebutkan Kecamatan Kuantan Mudik pada tahun 2018 ini, terdapat 20 Item/proyek yang akan dilaksanakan. Ke-20 Item tersebut antara lain:  Bidang Pendidikan seperti Bantuan Sarana Olahraga sekolah, Pengadaan Buku Perpustakaan, Pengadaan Komputer satu paket tingkat SMP untuk hadapi UNBK. Bidang Pertanian seperti Jalan Produksi dan Pembangunan Irigasi Desa Saik, Irigasi Desa Lubuk Ramo, Irigasi Desa Banjar Guntung dan Desa Kinali. Di Bidang Infrastruktur seperti Pengaspalan Jalan Desa Muara Tombang menuju Desa Tanjung Hulu Kuantan, Jalan Desa Pulau Binjai menuju Desa Saik, Pembangunan Turap Penahan Tebing Sungai Batang Kuantan sepanjang 1000 meter dan Pembangunan Tribun Pancang Finish Tepian H.Saidina Ali Desa Bukit Pedusunan.

Selanjutnya, Bidang Perkebunan seperti bantuan bibit sawit untuk empat Kelompok Tani yakni Desa Pebaun, Desa Banjar Guntung, Desa Seberang Cengar dan Desa Pantai. 
"Diharapkan bantuan bibit sawit yang diberikan ini, jangan sampai tidak ditanami dan jangan pula sampai menunda waktu penanaman," Ujar Bupati.

Untuk itu kepada masyarakat, agar dapat membersihkan lahan terlebih dahulu, sebelum bantuan bibit sawit diterima. "Jadi lahan tersebut harus benar benar dibersihkan terlebih dahulu," Paparnya.

Soal usulan Pembangunan Pasar Lubuk Jambi harus sudah ada lokasinya, atau lahan pasar harus benar-benar bebas dan tidak ada kendala dikemudian hari nantinya. "Kalau lahannya sudah ada, tinggal lagi kita membuat perencanaan/DED nya, untuk diusulkan ke Pemerintah Pusat," Tambahnya.

Bupati juga menyinggung soal pembangunan jembatan Lubuk Jambi, yang saat ini sedang dilaksanakan. Diharapkan kepada masyarakat yang berada di sekitar pembangunan jembatan, untuk dapat membantu proses pembangunan terutama soal pembebasan lahan.

"Kita harapkan kepada masyarakat untuk bersama sama mendukung pembangunan jembatan terutama soal pembebasan lahan, jika ada masalah agar dapat diselesaikan dengan sebaik baiknya," harapnya lagi.

Pada saat Safari Ramadhan tadi malam, Bantuan Alquran dari Kemenag untuk Mesjid Nurul Amal Desa Rantau Sialang sebanyak 25 buah, Mushalla At Taqwa Desa Banjar Guntung sebanyak 11 buah, Mushalla Al Ikhlas SD 018 Desa Rantau Sialang sebanyak 11 buah. Kemudian juga ada bantuan dari Bank Riau Kepri Kedai Lubuk Jambi, dan Pendistribusian Zakat dari Baznas Kuansing.

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan dipublikasikan. Kolom isian yang wajib diisi ditandai *
Catatan: HTML tidak diterjemahkan!

Profil Kuansing

  • Bupati
    Drs. H. Suhardiman Amby ,Ak. MM
  • Wakil Bupati
    -
  • Hari Jadi
    12 Oktober 1999
  • Luas
    7.656,03 km2
  • Penduduk
    325.307 jiwa (2016)
  • Kepadatan
    41,53 km2 (2016)
  • Kecamatan
    15
  • Kelurahan
    11
  • Zona Waktu
    WIB (GMT +7)
  • Kode Telepon
    +62 0760
  • Koordinat
    0 000 -1 0 00 LS
    101 0 02 - 101 0 55 BT
  • Ketinggian
    400 mdpl
LPPL Kuansing FM
LPPL Kabupaten Kuantan Singingi