Kabupaten
Kuantan Singingi

Bupati Kuansing Resmi Buka Pacu Jalur Rayon IV Pulau Godang Kari : Tepian Datuk Bandaro Lelo Budi Sarat Penonton

Teluk Kuantan -  Bupati Kuansing Drs.H.Mursini,M.Si secara resmi buka Pacu Jalur Rayon IV Pulau Godang Kari  di Tepian Datuk Bandaro Lelo Budi Siang tadi Kamis (09/08/2018). Turut hadir Wabup H.Halim, Ketua DPRD Andi Putra,SH.MH, Anggota DPRD Raden, Musliadi dan Werinaldi, Forkopimda, Kepala OPD, Camat Kuantan Tengah M.Refendi Zukman, Para Kades serta sejumlah tokoh masyarakat Kuantan Tengah, diantaranya Drs.Chaidir Arifin.

Dalam sambutannya, Bupati Mursini menyampaikan rasa apresiasinya kepada Panitia Pacu Jalur Rayon IV untuk seluruh rangkaian acara yang dari awal telah membuat Tepian Datuk Bandaro Lelo Budi ini sarat dengan penonton.

Pacu Jalur ini merupakan warisan budaya yang tak ternilai harganya bagi masyarakat rantau kuantan. Sebagai produk budaya dan karya seni masyarakat yang memiliki makna sendiri, pacu jalur juga menjadi  salah satu even andalan Provinsi Riau dan sudah masuk kalender pariwisata nasional. Selain itu, festival pacu jalur yang telah berusia ratusan tahun dari Kabupaten Kuansing ini juga telah berhasil dinobatkan sebagai Kategori Festival Terpopuler di Indonesia pada tahun 2017 lalu. Karena itu, Bupati Mursini mengharapkan masyarakat Kuansing agar senantiasa menjaga dan melestarikan seni dan budaya kita.

"Untuk tahun 2018, Kabupaten Kuansing  menjadi Nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) yaitu pada Kategori Atraksi Budaya Terpopuler "Perahu  Baganduang" dari Kecamatan Kuantan Mudik. Saya berharap partisipasi masyarakat Kabupaten Kuantan Singingi dalam memberikan suara (vote) hingga tanggal  31 Oktober kedepan. Dengan cara ketik API 8D kirim sms ke nomor 99386", terang Bupati.

Bupati Mursini juga mengajak seluruh masyarakat Kuansing baik yang ada di kampung maupun di rantau yang telah beritikad baik juga bekerja keras membantu Pemerintah Daerah dalam membangun Kuantan Singingi. Baik membangun infrastruktur, ekonomi kerakyatan, maupun meningkatkan kualitas pendidikan dan kesejahteraan masyarakat.

"Mari kita saling hormat-menghormati, senantiasa saling pengertian, saling percaya-mempercayai, serta saling menumbuh-kembang kan, dengan harapan segala yang kita impikan melalui Visi dan Misi Kabupaten Kuantan Singingi 2016-2021 dapat terwujud serta menjadi kenyataan, yaitu Unggul, Sejahtera Dan Agamis", harap Bupati.

"Mari kita senantiasa membenahi diri, singsingkan lengan baju untuk bekerja, pantang mundur dalam berjuang, saling bahu-membahu guna membina dan memelihara persatuan dan kesatuan negeri kita Kuantan Singingi", Bupati menambahkan.

Pacu Jalur Rayon IV Pulau Godang Kari Kecamatan Kuantan Tengah, resmi di buka oleh Bupati Kuantan Singingi dan secara bersama-sama melepas hilir jalur pertama ke Tepian Datuk Bandaro Lelo Budi yang sarat dengan penonton dan para pedagang.

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan dipublikasikan. Kolom isian yang wajib diisi ditandai *
Catatan: HTML tidak diterjemahkan!

Profil Kuansing

  • Bupati
    Drs. H. Suhardiman Amby ,Ak. MM
  • Wakil Bupati
    -
  • Hari Jadi
    12 Oktober 1999
  • Luas
    7.656,03 km2
  • Penduduk
    325.307 jiwa (2016)
  • Kepadatan
    41,53 km2 (2016)
  • Kecamatan
    15
  • Kelurahan
    11
  • Zona Waktu
    WIB (GMT +7)
  • Kode Telepon
    +62 0760
  • Koordinat
    0 000 -1 0 00 LS
    101 0 02 - 101 0 55 BT
  • Ketinggian
    400 mdpl
LPPL Kuansing FM
LPPL Kabupaten Kuantan Singingi