Kabupaten
Kuantan Singingi

Bupati Mursini Layur Jalur Pendekar Sakti Rantau Kuantan Desa Koto Rajo

TELUK KUANTAN - Bupati Kuantan Singingi (Kuansing) Drs H Mursini, M.si Senin malam (5/11/2018) menghadiri acara melayur jalur di Desa Koto Rajo Kecamatan Kuantan Hilir Seberang.

Selain di hadiri orang nomor satu di Kabupaten Kuansing, hadir pada acara tersebut, sejumlah OPD Lingkup Pemda Kuansing, Camat Kuantan Hilir Seberang, Kades dan BPD Se-Kecamatan Kuantan Hilir Seberang, serta ninik mamak Kuantan Hilir Seberang.

Ratusan masyarakat Desa Koto Rajo terlihat sangat antusias karena sebentar lagi jalur baru mereka akan di diang oleh Bupati Mursini. Pasalnya, sudah beberapa tahun terakhir Desa Koto Rajo tidak memiliki jalur.

Dalam sambutannya, Bupati mengingatkan masyarakat Desa Koto Rajo agar menjaga kekompakkan, persatuan dan kesatuan sehingga jalur bisa dipacukan dan meraih prestasi. "Jaga kekompakkan, selalu semangat dan terus berlatih agar bisa mengukir prestasi di setiap even pacu jalur," Ujar Bupati.

Bupati juga mengajak masyarakat agar melestarikan tradisi pacu jalur ini. Melayur jalur merupakan prosesi yang harus dilakukan sebelum jalur dipacukan ke gelanggang. "Pacu jalur adalah tradisi kita, dan mari sama-sama kita mempertahankannya," kata Bupati.

Dalam pembuatan jalur diakui Bupati Mursini memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Akan tetapi dengan kekompakkan seluruh warga masyarakat desa jalur bisa dibuat oleh masyarakat.

"Kekompakan ini hendaknya terus berlanjut sampai dengan even pacu jalur nantinya sehingga bisa meraih prestasi yang baik. Kekompakan serupa hendaknya juga ditularkan pada semua sektor yang ada di tataran masyarakat desa," saran Bupati Mursini.

Di acara pelayuran jalur Desa Koto Rajo tadi malam Bupati Mursini sekaligus mengukuhkan pemberian nama terhadap jalur desa tersebut dengan nama Pendekar Sakti Rantau Kuantan.

Pada acara pendiangan jalur Desa Koto Rajo, Bupati Mursini sengaja tidak melakukan penggalangan dana. Akan tetapi Bupati Pemkab Kuansing tetap akan memberikan bantuan.

"Apalagi dalam acara ini membutuhkan biaya makan dan minum, sewa tenda dan lain sebagainya. Karena itu kasihkan saja proposalnya kepada kami nanti akan kita bantu," ujar Bupati meyakinkan.

Sementara itu, Ketua Panitia melayu Jalur Desa Koto Rajo, Jasmadi menyampaikan atas nama masyarakat Desa Koto Rajo memberikan apresiasi atas kedatangan Bupati Kuansing berserta rombongan.

"Kami sangat senang atas kehadiran bapak Bupati yang berkenan menghadiri melayur jalur sekaligus memberikan nama jalur kami ini," ucapnya.

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan dipublikasikan. Kolom isian yang wajib diisi ditandai *
Catatan: HTML tidak diterjemahkan!

Profil Kuansing

  • Bupati
    Drs. H. Suhardiman Amby ,Ak. MM
  • Wakil Bupati
    -
  • Hari Jadi
    12 Oktober 1999
  • Luas
    7.656,03 km2
  • Penduduk
    325.307 jiwa (2016)
  • Kepadatan
    41,53 km2 (2016)
  • Kecamatan
    15
  • Kelurahan
    11
  • Zona Waktu
    WIB (GMT +7)
  • Kode Telepon
    +62 0760
  • Koordinat
    0 000 -1 0 00 LS
    101 0 02 - 101 0 55 BT
  • Ketinggian
    400 mdpl
LPPL Kuansing FM
LPPL Kabupaten Kuantan Singingi