Kabupaten
Kuantan Singingi

Bupati Mursini Panen Cabai Bersama Kelompok Tani Beken Jaya Benai Kecil di Kecamatan Benai

BENAI - Bupati Kuansing Drs H Mursini, M, Si melakukan panen cabai merah kriting di Desa Benai Kecamatan Benai. Cabai yang dipanen ini adalah milik kelompok tani Beken Jaya yang diketuai oleh Yulisman.

Ikut bersama bupati saat panen raya tersebut ibu bupati Ny Emi Safitri, Plt Kadis Pertanian Ir Màisir, kepala OPD, Kabag di lingkup Setda, Camat Benai Yuhendra beserta jajaran.

Kemudian juga turut diundang manajemen PT. Meroke Tetap Jaya (perusahaan pupuk), dan PT East West Seed (perusahaan saprodi). Kedua perudahaan tersebut siap mendorong perkembangan usaha holtikultura yang ada di Kabupaten Kuansing.

Ketua kelompok tani Beken Jaya Yunisman menceritakan kelompok tani mereka ini berdiri sejak November 2016 dengan jumlah anggota 10 orang. "Sekarang anggotai kita sudah 24 orang dengan fokus budidaya cabe, tumpang sari bawang merah, kubis dan bunga kol. Sehubungan hal itu kami mintak tolong dukungan dari pemerintah atas apa yang kami tanam ini," ujar Yulisman seraya menyebutkan tanaman cabai yang ditanam dan siap panen sekarang berjumlah 500 batang tanaman. Dia menjelaskan, pada tahun 2017 lalu mereka menerima bantuan pupuk, benih dan pestisida dari PT East West Seed cap Panah Merah. Bahkan dirinya adalah satu-satunya orang Kuansing yang oleh perusahan tersebut ke Pulau Jawa," ujar Yulisman.

Sementara harapan kepada Pemkab Kuansing, Sebut Yunisman, agar kelompok tani mereka diberi bantuan pembuatan rumah komlos, sumur bor untuk menyiram tanaman, dan rumah pembebihan.

Bupati Kuansing Mursini terkait dengan harapan kelompok tani Beken Jaya itu menyampaikan akan memenuhinya secara bertahap. Seperti sumor bor tersebut akan diupayakan melalui anggaran 2019.

Melihat subur dan baiknya pertumbuhan dan hasil panen cabai yang dimiliki kelompok tani Beken Jaya hal ini ditandai dengan bentuk buah yang panjang-panjang dan besar, bupati menjelaskan bahwa kualitas cabai yang dimiliki Kuansing tidak kalah dengan cabai dari Sumbar.

"Rupanya kualitas cabai daerah kita bisa bersaing dengan daerah lain bahkan lebih bagus kalau saya lihat
Kalau kita punya cabai seperti masyarakat beli saja cabai dari daerah kita sendiri. Karena secara kualitas tidak kalah," terang bupati.

Bupati mengharapkan masyarakat lain bisa mencontoh kelompok tani Beken Jaya ini sehingga nantinya dapat meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat.

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan dipublikasikan. Kolom isian yang wajib diisi ditandai *
Catatan: HTML tidak diterjemahkan!

Profil Kuansing

  • Bupati
    Drs. H. Mursini, M.Si
  • Wakil Bupati
    H. Halim
  • Hari Jadi
    12 Oktober 1999
  • Luas
    7.656,03 km2
  • Penduduk
    325.307 jiwa (2016)
  • Kepadatan
    41,53 km2 (2016)
  • Kecamatan
    15
  • Kelurahan
    11
  • Zona Waktu
    WIB (GMT +7)
  • Kode Telepon
    +62 0760
  • Koordinat
    0 000 -1 0 00 LS
    101 0 02 - 101 0 55 BT
  • Ketinggian
    400 mdpl

RPD Live Streaming

Radio Pemerintah Daerah
Kabupaten Kuantan Singingi