Kabupaten
Kuantan Singingi

Bupati Pimpin Upacara peringatan Hari Pahlawan di Lapangan Limuno Teluk Kuantan

Teluk Kuantan - Bupati Drs. H. Mursini, M.Si, Pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan tingkat Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) tahun 2017 di Lapangan Limuno Telukkuantan, Jumat (10/11/2017). 

Hadir pada upacara tersebut Wakil Bupati Halim, unsur Forkopimda, para Pejuang Veteran, serta pejabat dan pegawai di lingkungan Pemkab Kuansing.
 
Bupati membacakan sambutan tertulis Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan, setiap tanggal 10 November, bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan, mengenang para pendahulu kita, pahlawan dan perintis kemerdekaan, dan pendiri Republik Indonesia.
 
Mereka dengan segenap pemikiran, tindakan dan gerakan perjuangan kolektif yang mereka lakukan, sehingga saat ini kita semua bisa menikmati hidup di bumi Indonesia sebagai bangsa yang merdeka, bangsa yang sederajat dengan bangsa lain. 

Bangsa yang menyadari tugas sejarahnya untuk menjadikan kemerdekaan sebagai jembatan emas bagi terwujudnya Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur. 

Para pendiri bangsa, katanya, mengabarkan pesan penting kepada kita. Pesan itu adalah bahwa setelah kemerdekaan diraih, maka tahapan selanjutnya - kita harus bersatu terlebih dahulu untuk bisa memasuki tahapan bernegara selanjutnya, yakni berdaulat, adil dan makmur. 

Oleh karena pesan fundamental itulah maka peringatan Hari Pahlawan 10 November tahun 2017 ini kita mengambil tema "Perkokoh Persatuan Membangun Negeri".

Apabila kita mampu bersatu sebagai satu bangsa maka kita dapat maju bersama-sama dan mendistribusikan berkah kemerdekaan bagi seluruh masyarakat Indonesia. 

"Bung Karno pernah menegaskan bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya. Kalimat singkat dari Bung Karno ini memiliki makna yang sangat mendalam bagi kita semua. Tanpa pengorbanan dan perjuangan para pahlawan dan perintis kemerdekaan, tidak akan ada gagasan besar untuk mendirikan sebuah negara yang bernama Republik Indonesia," katanya.
 
Peringatan Hari Pahlawan tingkat Kabupaten Kuansing kali ini terasa istimewa, karena Hj Fatimah Usun (85) dan Canso (84). Mereka adalah pejuang veteran yang menjadi saksi sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia.
 
Usai upacara, Bupati Mursini dan rombongan bertolak menuju ke makam Umar Usman di kawasan Luar Parik, Desa Koto, Telukkuantan. Di makam pejuang itu, Bupati dan pejabat lainnya melakukan tabur bunga sebagai tanda penghormatan kepada mantan Bupati Militer Indragiri tersebut.

 

di kutip dari : kapurnews.com

 

 

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan dipublikasikan. Kolom isian yang wajib diisi ditandai *
Catatan: HTML tidak diterjemahkan!

Profil Kuansing

  • Bupati
    Drs. H. Mursini, M.Si
  • Wakil Bupati
    H. Halim
  • Hari Jadi
    12 Oktober 1999
  • Luas
    7.656,03 km2
  • Penduduk
    325.307 jiwa (2016)
  • Kepadatan
    41,53 km2 (2016)
  • Kecamatan
    15
  • Kelurahan
    11
  • Zona Waktu
    WIB (GMT +7)
  • Kode Telepon
    +62 0760
  • Koordinat
    0 000 -1 0 00 LS
    101 0 02 - 101 0 55 BT
  • Ketinggian
    400 mdpl