Kabupaten
Kuantan Singingi

Camat Gunung Toar Lakukan Monitoring Program Magrib Mengaji ke Tingkat Desa

Gunung Toar - Camat Guntor Sadarisnah, S.STP. M.Si mengatakan bahwa Program magrib mengaji yang telah dicanangkan Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi telah  ditindaklanjuti oleh Pemerintah Kecamatan Gunung Toar dengan melakukan monitoring program tersebut ke tingkat yang ada di Kecamatan Gunung Toar.

"Kita menginginkan agar program Pemkab Kuansing ini benar-benar berjalan di kehidupan masyarakat. Karena itu kami telah meminta aparatur pemerintah desa untuk menindaklanjuti program ini dengan cara memberitahukan kepada masyarakat, pengurus masjid maupun guru-guru surau agar melakukan kegiatan magrib mengaji baik di masjid, musallah, surau maupun di rumah pribadi masyarakat," ujar Camat Gunung Toar Sadarisnah.

Hal itu disampaikannya saat acara safari Ramadhan Pemkab Kuansing, Senin (28/5) di Masjid Nurul Falah Desa Teberau Panjang. Dirinya mengatakan, arus globalisasi yang ada sekarang, jika tidak ditangkal dengan cepat maka sangat berdampak tidak baik terhadap perkembangan mental anak-anak maupun generasi di masa mendatang.

Sementara itu Bupati Kuansing Drs. H. Mursini, M.Si menyambut baik langkah kebijakan yang diambil oleh Camat Gunung Toar ini. Kegiatan magrib mengaji ataupun subuh berjemaah yang telah dicanangkan oleh Pemkab Kuansing yang diperkuat dengan surat edaran tersebut, tujuannya memang untuk mendekatkan diri anak-anak dan generasi penerus bangsa terhadap keagamaan guna menangkal dari perbuatan tidak baik.

"Salah-satu cara yang efektif untuk memfilter arus globalisasi yang dapat kita lakukan adalah dengan menggalakkan kegiatan keagamaan di tengah masyarakat seperti kegiatan magrib mengaji ini," ujar bupati Mursini.

Bupati juga menghimbau kepada setiap orang tua agar mematikan siaran televisi setiap masuk waktu magrib agar anak-anak tidak menonton dan fokus mengaji. Dirinya juga minta agar para orang tua juga ikut mengaji bersama dengan anak-anak selepas magrib tersebut.

"Diharapkan  dengan banyaknnya generasi kita yang pandai mengaji kedepannya juga akan menjadi aset bagi Kuansing bilamana ada lomba-lomba mengaji atau musabaqah baik pada tingkat kecamatan, provinsi maupun nasional sehingga nantinya Kuansing memiliki qori dan qoriah andalan yang siap tampil bila mana ada lomba MTQ," kata bupati menerangkan.

Safari Ramadhan di masjid Nurul Falah Desa Teberau Panjang kemarin dihadiri Wabup H. Halim, Sekda DR.H.Dianto Mampanini SE.MT, Wakil Ketua I DPRD Kuansing Sardiono, A.Md, Ibu Bupati Emi Safitri, Kakanmenag Drs. Jisman, MA, Kepala OPD, Pejabat eselon III dan IV di lingkup Pemkab Kuansing, Upika Kecamatan Gunung Toar dan ratusan masyarakat Teberau Panjang.

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan dipublikasikan. Kolom isian yang wajib diisi ditandai *
Catatan: HTML tidak diterjemahkan!

Profil Kuansing

  • Bupati
    Drs. H. Mursini, M.Si
  • Wakil Bupati
    H. Halim
  • Hari Jadi
    12 Oktober 1999
  • Luas
    7.656,03 km2
  • Penduduk
    325.307 jiwa (2016)
  • Kepadatan
    41,53 km2 (2016)
  • Kecamatan
    15
  • Kelurahan
    11
  • Zona Waktu
    WIB (GMT +7)
  • Kode Telepon
    +62 0760
  • Koordinat
    0 000 -1 0 00 LS
    101 0 02 - 101 0 55 BT
  • Ketinggian
    400 mdpl

RPD Live Streaming

Radio Pemerintah Daerah
Kabupaten Kuantan Singingi