Kabupaten
Kuantan Singingi

Car Free Night "Malam Berbatik" Yulia Suhardiman Giat Menyuarakan Batik Kuantan Singingi

Teluk Kuantan- Ketua Dewan Kesenian Daerah Kabupaten Kuantan  Singingi Yulia Suhardiman dan Sekretaris Daerah H. Dedy Sambudi, S.Kep, S.K.M., M.Kes membuka langsung kegiatan Car Free Night dengan tema "Malam Berbatik" di Area Taman Jalur Teluk Kuantan, Rabu 12/10/2022

Dalam kegiatan tersebut turut menghadiri beberapa Kepala Opd, Forkopimda, dan seluruh peserta Car Free Night.

Batik adalah hasil karya bangsa Indonesia yang merupakan perpaduan antara seni dan teknologi oleh leluhur bangsa Indonesia. Batik Indonesia dapat berkembang hingga sampai pada suatu tingkatan yang tak ada bandingannya baik dalam desain/motif maupun prosesnya.

Yulia Suhardiman mengatakan Batik Kuantan Singingi menjadi salah satu produk unggulan Daerah Kuantan Singingi yang sebelumnya kita hanya mengetahui Batik luar seperti batik jawa, dan sekarang kita sudah mempunyai batik sendiri yang biasa disebut batik Kuansing, katanya.

" Dewan kesenian kabupaten Kuantan Singingi perdana mengadakan fashion Jalur Car Free Night dengan tema Malam Berbatik, Berbatik bersama-sama"

Dengan memakai Batik Kuantan Singingi secara tidak langsung kita sudah membantu ekonomi masyarakat terutama usaha ekonomi mikro para pembatik dan juga sekaligus akan berpengaruh kepada ekonomi daerah

"Kita juga punya Rumah Batik, sebanyak 21 rumah batik yang ada di Kabupaten Kuantan Singingi." Sambungnya.

Serangkaian fashion show nanti dari Bujang Dara Kabupaten Kuansing, Forkopimda dan Kepala Opd dan perwakilan Opd di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi, serta perwakilan tiap Sekolah yang ada di Kecamatan Kuantan Tengah.

Sekretaris Daerah Kabupaten Kuantan Singingi H. Dedy Sambudi, S.Kep, S.K.M., M.Kes mengatakan, malam ini menjadi momentum untuk kita semua dalam mempromosikan produk unggulan kita batik Kuansing" Ucapnya.

Dari pantauan tim peliputan Diskominfoss terlihat seluruh peserta yang hadir di malam Car Free Night ini memakai batik Kuansing dengan Motif yang berbeda dan makna yang berbeda di setiap motifnya.

Hal ini menunjukkan beragam karakteristik budaya di Kuantan Singingi.

Sekda Dedy Sambudi mengucapkan apresiasi kepada seluruh panitia acara dan panitia HUT Kuansing yang telah berpartisipasi dari sebelumnya dalam mempersiapkan setiap kegiatan untuk kemeriahan HUT Kuansing, Ucapnya.

"Saya berharap semoga seluruh masyarakat kuansing dapat menyorakkan dan menggunakan batik dalam kehidupan kita, terutama di bidang promosi produk khas unggulan batik Kuansing." Tuturnya.

"Seyogyanya acara car free night ini diadakan kalau bisa dilakukan setiap tahun, agar kita selalu menyuarakan produk batik khususnya di Kuansing umumnya seluruh Masyarakat Indonesia, serta kita dapat juga meningkatkan Home Industri dan UMKM di Kabupaten Kuantan Singingi."Tutupnya.

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan dipublikasikan. Kolom isian yang wajib diisi ditandai *
Catatan: HTML tidak diterjemahkan!

Profil Kuansing

  • Bupati
    Andi Putra, SH, MH
  • Wakil Bupati
    Drs. H. Suhardiman Amby ,Ak. MM
  • Hari Jadi
    12 Oktober 1999
  • Luas
    7.656,03 km2
  • Penduduk
    325.307 jiwa (2016)
  • Kepadatan
    41,53 km2 (2016)
  • Kecamatan
    15
  • Kelurahan
    11
  • Zona Waktu
    WIB (GMT +7)
  • Kode Telepon
    +62 0760
  • Koordinat
    0 000 -1 0 00 LS
    101 0 02 - 101 0 55 BT
  • Ketinggian
    400 mdpl
LPPL Kuansing FM
LPPL Kabupaten Kuantan Singingi