Kabupaten
Kuantan Singingi

DISKOMINFO KUANTAN SINGINGI TAJA RAPAT EVALUASI SISTEM PEMERINTAHAN BERBASIS ELEKTRONIK (SPBE)

Teluk Kuantan- Dalam rangka penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi taja Rapat Evaluasi SPBE yang dikoordinir oleh Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian di ruangan Bagian Organisasi Sekretariat Daerah. Jum’at (27/9).

Dasar kegiatan ini adalah, surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor B/195/M.KT.03/2019 Perihal hasil evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi Tahun 2018 sebagaimana diamanatkan Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang pedoman SPBE dan Peraturan Mentri PABRB Nomor 05 tahun 2018 tentang pedoman evaluasi SPBE.
Rapat yang dipimpin oleh Asisten Administarasi, Umum dan Keuangan Dr. Agus Mandar, Msi didampingi oleh Asisten Pemerintahan Muhjelan, SH,MH. Kepala Bappeda Litbang Drs. Maisir dan Kadis Kominfo Ir. Samsir Alam, MM, dan dihadiri perwakilan perangkat daerah dilingkungan Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi, membahas rencana tindak lanjut penyelenggaran Sistem Pemerintahan Berbasis elektonik.
Dalam eksposenya Kadis Kominfo Ir. Samsir Alam, MM memaparkan, ada 7 aspek yang menjadi pembahasan yaitu (1) Aspek Tata Kelola SPBE (2) Layanan SPBE, (3) Kelembagaan (4) Strategi, Perencanaan (5) Teknologi, Informasi dan Komunikasi (6) Adiminitrasi Pemerintah dan (7) Pelayanan Publik.
Dari hasil pembahasan evaluasi SPBE Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi saat ini masih terdapat beberapa indikator yang harus ditindaklanjuti guna memperoleh indek penilaian SPBE yang baik. Untuk itu hasil rapat memerintahkan perangkat daerah yang masih mempunyai catatan terhadap penyelenggaraan layanan SPBE untuk segera menindak lanjuti rekomendasi-rekomendasi dari hasil evaluasi SPBE Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi segera, mengingat pada bulan Oktober ini akan diadakan lagi penilaian terhadap penyelenggaran SPBE tahun 2019, berdasarkan surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indoenesia Nomor B/712/M.KT.03/2019 tertanggal 25 Septemeber 2019 Perihal Evaluasi Sistem Pemerintahan berbasis Elektonik (SPBE) Tahun 2019.
Dalam arahannya Assisten menyampaikan Penyelenggaraan SPBE ini merupakan suatu keharusan untuk menciptkan pengelolaan pemerintah yang efektif dan efisien guna mewujudkan good goverment. Perkembangan teknologi dewasa ini sudah sangat masif sehingga muncul disrupsi disemua lini kehidupan, tentu ini juga terjadi di pemerintahan. Untuk itu kita harus bisa menyesuaikan baik pola kerja maupun pola pelayanan kepada masyarakat.

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan dipublikasikan. Kolom isian yang wajib diisi ditandai *
Catatan: HTML tidak diterjemahkan!

Profil Kuansing

  • Bupati
    Drs. H. Mursini, M.Si
  • Wakil Bupati
    H. Halim
  • Hari Jadi
    12 Oktober 1999
  • Luas
    7.656,03 km2
  • Penduduk
    325.307 jiwa (2016)
  • Kepadatan
    41,53 km2 (2016)
  • Kecamatan
    15
  • Kelurahan
    11
  • Zona Waktu
    WIB (GMT +7)
  • Kode Telepon
    +62 0760
  • Koordinat
    0 000 -1 0 00 LS
    101 0 02 - 101 0 55 BT
  • Ketinggian
    400 mdpl