Kabupaten
Kuantan Singingi

Diskominfoss Kuansing Launching 7 Aplikasi

Telukkuantan- Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) Melalui Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Baru saja melaunching 7 Aplikasi yang akan mempermudah kinerja pemerintahan, Jumat (04/10) di Pendopo Rumah Dinas Bupati.

Bupati menyampaikan bahwa dengan diluncurkannya 7 aplikasi ini diharapkan akan mendukung kinerja pemerintah daerah. sistem E-Goverment ini tidak hanya berdampak bagi masyarakat tapi juga bagi Pemerintah itu sendiri, dampak positif dari sistem ini masyarakat dapat menerima kinerja pemerintah secara aktual dan transparan. dengan teknologi online, pekerjaan tentunya lebih efisien secara biaya dan waktu.

Bahwa peranan IT sangat penting dalam mewujudkan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik yang kita kenal SPBE, ujar Kadis Kominfoss Samsir Alam.

7 (tujuh) aplikasi yang di lounching Kominfoss yakninya,  pertama E- Reviu RKA merupakan aplikasi yang digunakan oleh Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP)  Mempermudah APIP dalam melaksanakan reviu terhadap dokumen penganggaran daerah dan Meningkatkan kualitas SKPD dalam melakukan penganggaran. Kedua E- Pendapatan adalah  aplikasi online berbasis web yang berfungsi memfasilitasi wajib pajak untuk membayar kewajibannya tanpa perlu datang ke kantor Badan Pendapatan Daerah (BAPENDA), Ketiga PPID adalah kepanjangan dari Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi, dimana PPID berfungsi sebagai pengelola dan penyampai dokumen yang dimiliki oleh badan publik sesuai dengan amanat UU 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Keempat Sistem Manajemen Aparatur Terpadu (SMART) adalah sistem yang mampu memberikan informasi data-data pegawai di Kabupaten Kuantan Singingi yang terpadu dan terintegrasi. Kelima E-Monev adalah aplikasi monitoring dan evaluasi terhadap realisasi penggunaan anggaran berdasarkan kegiatan yang dilaksanakan pada bulan berjalan, realisasi dinilai berdasarkan jumlah dana dan fisik yang telah dihabiskan. Keenam Sistem informasi Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional (JDIH) merupakan suatu  Sistem Pendayagunaan peraturan perundang-undangan dan bahan dokumentasi hukum secara tertib, terpadu dan berkesinambungan sebagai sarana pemberian pelayanan informasi hukum  yang lengkap, akurat, mudah, dan cepat. Dan yang terakhir Website Kota Jalur yaitu Di bidang Pariwisata, Kabupaten Kuantan Singingi mempunyai potensi yang besar. Potensi wisata tersebut berupa budaya ataupun keindahan alam. Dari potensi wisata tersebut, yang sangat prospektif dikembangkan adalah jenis obyek wisata alam dan wisata budaya dengan atraksi-atraksi budaya lainnya yang dapat dikembangkan. Turut Hadir Pada Launching Aplikasi Sekda kuansing Dianto Mampanini, Kepala OPD, Assisten, Kabag, Ketua Pembina PWI Riau Dheni Kurnia dan Akademisi Ir Mardianto Manan MT dan seluruh insan pers yang ada di wilayah kuansing.

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan dipublikasikan. Kolom isian yang wajib diisi ditandai *
Catatan: HTML tidak diterjemahkan!

Profil Kuansing

  • Bupati
    Drs. H. Mursini, M.Si
  • Wakil Bupati
    H. Halim
  • Hari Jadi
    12 Oktober 1999
  • Luas
    7.656,03 km2
  • Penduduk
    325.307 jiwa (2016)
  • Kepadatan
    41,53 km2 (2016)
  • Kecamatan
    15
  • Kelurahan
    11
  • Zona Waktu
    WIB (GMT +7)
  • Kode Telepon
    +62 0760
  • Koordinat
    0 000 -1 0 00 LS
    101 0 02 - 101 0 55 BT
  • Ketinggian
    400 mdpl