Kabupaten
Kuantan Singingi

Dispersip Kuansing Lantik Forum Taman Bacaan Masyarakat

Teluk Kuantan - Forum Taman Bacaan Masyarakat (Forum TBM) adalah organisasi yang bergerak dalam pengembangan literasi. Hingga kini Forum TBM menjadi wadah bagi pengelola TBM dan para pegiat literasi di Indonesia. Dari struktur organisasi, Forum TBM sudah berdiri di tiap provinsi dan kabupaten/ kota. Nah, untuk pelantikan Forum Taman Bacaan Masyarakat Kuansing pada kamis (6 Februari 2020) .

Hadir dalam acara Pelantikan FTBM  Kepala Bidang Perpustakaan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kuantan Singingi bapak Drs.Yulizar Musri bersama kasi lainnya.

Pelantikan ini terselenggara berkat kerjasama FTBM Kuansing dengan Balai Bahasa Riau yang juga pembina FTBM yang ada di provinsi yang sangat mendukung kegiatan literasi di Kabupaten Kuantan Singingi.

Kepala Balai Bahasa Riau, bapak Songgo Siruah, menyatakan "kami sangat mendukung kegiatan literasi di Kabupaten Kuantan Singingi ini, sambil menyelaraskan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Kehadiran Balai Bahasa Riau di Kuansing juga bertepatan dengan kunjungan kerja, salah satunya pelatihan untuk generasi muda dengan judul " Apresiasi Generasi Anak Muda Terhadap Bahasa dan Sastra."

Dalam sambutannya,  bapak Kabid Perpustakaan, Dispersip menyatakan "ini adalah sebuah kemajuan untuk perkembangan literasi di Kuansing dan sangat berterima kasih kepada BBR ikut mendukung dan membantu pelantikan FTBM Kuansing ini, karena minimnya komunikasi instansi dengan penggerak literasi daerah beliau berharap bisa membantu kinerja kami di bidang perpustakaan.

Bapak Songgo Siruah menyatakan dengan ketua FTBM terpilih Ibu Nelvia Roza, penggunaan bahasa Indonesia dalam pengembangan literasi sangat penting. Sedari dini kita mengajarkan dan membentuk agar anak-anak kita menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, supaya terpelihara kebersamaan antar daerah, suku dan negara.

Nelvia Roza  selaku Ketua  daerah menjelaskan tentang Forum TBM  dengan adanya FTBM kabupaten kuantan singingi ini bisa mewujudkan generasi yang literan terhadap buku dan bacaan. Karena minimnya gerakan literasi di kuansing semoga keberadaan FTBM ini mampu membuat perubahan dan saya menghimbau kepada semua kalangan,  baik instansi terkait atau penggerak literasi mari kita bersama membangun masyarakat yang melek bahasa, melek baca dan melek literasi.

Dan untuk kedepannya FTBM akan terus berbenah dan mengajak semua lapisan untuk bekerjasama dan insya allah akan di mulai dari desa-desa yang belum memiliki taman bacaannya,  kita akan mengavokasi positif para kades dalam pemerintahan desa.

Dan tidak lupa pula Balai bahasa Riau memberikan apresiasi kepada enam taman bacaan yang telah ada di Kuansing di antaranya :

  1. TBM Insani yang berada di desa Sungai Keranji yang di pimpin oleh Nelvia Roza
  2. TBM Mawar yang berada di desa Seberang Taluk yang di pimpin oleh Elpis Wandi
  3. TBM Pondok Perintis Literasi yang berada di desa Kuantan Sako, yang di pimpin oleh Betri
  4. TBM Samudera Ilmu yang berada di desa Banjar Lopak, yang di pimpin oleh Triwandi
  5. TBM Panggon Woco yang berada di desa Bumi Mulia, yang di pimpin oleh Khariq Anhar
  6. TBM Cahaya kuansing yang berada di desa Sentajo Raya, yang di pimpin oleh Regi.

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan dipublikasikan. Kolom isian yang wajib diisi ditandai *
Catatan: HTML tidak diterjemahkan!

Profil Kuansing

  • Bupati
    Drs. H. Mursini, M.Si
  • Wakil Bupati
    H. Halim
  • Hari Jadi
    12 Oktober 1999
  • Luas
    7.656,03 km2
  • Penduduk
    325.307 jiwa (2016)
  • Kepadatan
    41,53 km2 (2016)
  • Kecamatan
    15
  • Kelurahan
    11
  • Zona Waktu
    WIB (GMT +7)
  • Kode Telepon
    +62 0760
  • Koordinat
    0 000 -1 0 00 LS
    101 0 02 - 101 0 55 BT
  • Ketinggian
    400 mdpl
LPPL Kuansing FM
LPPL Kabupaten Kuantan Singingi