Kabupaten
Kuantan Singingi

DPC- FKDT Kab. Kuansing Taja Pelatihan Bimbingan Teknis Pengisian Data Emis MDTA.4.0 Se Kabupaten Kuantan Singingi

Teluk Kuantan - Dewan Pengurus Cabang Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (DPC-FKDT) Kab. Kuantan Singingi Taja Pelatihan Bimbingan Teknis Pengisian Data EMIS MDTA 4.0 se Kab. Kuantan Singingi.
Kegiatan dilaksanakan di Aula Kantor Kementerian Agama Kab. Kuansing Beberapa waktu lalu.

Acara di buka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Kuansing Drs. H. EFRION EFNI, M. Ag. Turut Hadir Kasi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (PAKIS) Kemenag Kuansing H. BAHRUL ASWANDI, S. Ag, MH, staf Kasi Pakis RIYAL SASRI, S. Pd. I dan ketua DPC-FKDT Kab. Kuansing PRIHASNI. S. Ag, M. Pd dan anggota.

peserta yang hadir perwakilan dari guru dan operator MDTA se Kuansing juga ketua DPAC FKDT Kec. Se Kab. Kuansing.

Kakan kemenag Kuansing H. Efrion Efni. M. Ag, mengatakan Pemkab dan Kemenag mempunyai komitmen yang luar biasa terhadap MDTA. Dengan dibuktikan adanya SKB (Surat Keputusan Bersama) Bupati dan Kakan kemenag , isinya : ijazah atau sertifkat MDTA MENJADI SYARAT UNTUK MASUK KE SMP ATAU MTs. Ada kewajiban siswa SD Negeri punya Ijazah atau sertifikat MDTA untuk masuk ke SMP/MTs sehingga banyak SD berlomba-lomba membuat MDTA.

Efrion Efni mengatakan MDTA merupakan wadah tempat ibadah dan mendidik anak bangsa, khususnya usia SD. Guru MDTA merupakan tugas mulia untuk meraih pahala dari Allah SWT. Dengan tujuan, menghilangkan buta aksara Al-Quran. jadi tamat SD atau MDTA, tidak ada lagi anak yang tidak bisa baca AlQuran dan Sholat.

Sementara Kasi Pakis Kemenag Kuansing, H. BAHRUL ASWANDI, S.Ag, MH, mengatakan
bahwa kurikulum MDTA adalah kurukulum Kementerian Agama dan terbaru, pelajaran MDTA ada 18 jam seminggu. Bagi MDTA yang tidak sampai 18 jam seminggu berarti tidak memenuhi syarat.

Menurutnya MDTA pencetak orang-orang Hebat, yang memiliki kecerdasan dan moralitas keislaman, guna mewujudkan generasi berkarakter dan berkepribadian yang mulia.

Sementara Ketua DPC-FKDT Kab. Kuansing, PRIHASNI, S. Ag, M. Pd, mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati Kuantan Singingi Drs. H. Suhardiman Amby, Ak,MM, yang telah menganggarkan dana Hibah Untuk DPC-FKDT Kuansing.
Dan ucapan terima kasih kepada bapak Kepala Kantor Kemenag H. Efrion Efni, yang telah bersedia membuka dan menjadi narasunber dalam acara patihan bimtek pengisian data EMIS MDTA ini.
Beliau juga menyampaikan Program-Program DPC-FKDT yang pada umunya sudah terlaksana, apalagi program PORSADIN. (Pekan Olah Raga Seni Antar Diniyah) anak-anak MDTA berhasil menuai prestasi, baik di tingkat Kecamatan Kabupaten, Provinsi bahkan Nasional. Anak MDTA kita di Kuansing ini , tidak kalah saing dengan Kab. Lain. Bahkan ke tingkat Nasional , yaitu Ke Jawa Timur, Bangka Belitung dan Jawa Barat. Alhamdulillah.

Sebagai ketua panitia dalam kegiatan JUFRIZAL, S. Pd, ketua DPAC-FKDT Kec. Benai, beliau menyatakan bahwa kegiatan Bimtek ini baru pertama kali digelar berkat dukungan dari semua pihak, Pemda dan Kemenag Kuansing. Kegiatan ini terselenggara berkat bantuan Dana Hibah Pemda dan juga Penerbit buku MDTA Assalam. kita berharap, dari 267 MDTA di Kuansing ke depannya semakin maju berkualitas, dan bisa menelurkan generasi Qurani. Harap Jufrizal.

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan dipublikasikan. Kolom isian yang wajib diisi ditandai *
Catatan: HTML tidak diterjemahkan!

Profil Kuansing

  • Bupati
    Drs. H. Suhardiman Amby ,Ak. MM
  • Wakil Bupati
    -
  • Hari Jadi
    12 Oktober 1999
  • Luas
    7.656,03 km2
  • Penduduk
    325.307 jiwa (2016)
  • Kepadatan
    41,53 km2 (2016)
  • Kecamatan
    15
  • Kelurahan
    11
  • Zona Waktu
    WIB (GMT +7)
  • Kode Telepon
    +62 0760
  • Koordinat
    0 000 -1 0 00 LS
    101 0 02 - 101 0 55 BT
  • Ketinggian
    400 mdpl
LPPL Kuansing FM
LPPL Kabupaten Kuantan Singingi