Kabupaten
Kuantan Singingi

Gubri, Bupati, Wabup beserta Forkompinda dan Masyarakat lakukan aksi tanam serentak di Desa Pangkalan Kecamatan Kuantan Mudik

Kuantan Mudik - Dilatar belakangi pemanasan global yang sudah menjadi ancaman serius bagi seluruh dunia yang disebabkan oleh aktivitas manusia, terutama akibat penggunaan bahan bakar fosil yang tidak terkendali dan selanjutnya berkurangnya secara signifikan luasan hutan alam menyebabkan berkurangnya pula penyerap zat CO2 di udara.

Indonesia yang memiliki hutan tropis terbesar ketiga di dunia yaitu sekitar 138 juta hektar, keberadaan hutan Indonesia dianggap sebagai paru-paru dunia, sementar setiap tahunnya telah terjadi deforestasi sebesar 1,17 juta hektar setiap tahunnya sehingga dianggap turut andil sebagai penyebab terjadinya peningkatan suhu bumi atau pemanasan global (global warming).

Dilatar belakangi hal tersebutlah maka Pemprov Riau menyelenggarakan kegiatan aksi serentak menanam pohon dan penghijauan konservasi alam Riau tahun 2017 dengan tema "kerja bersama makmurkan rakyat lestarikan alam". Acara diselenggarakan di Desa Pangkalan Kecamatan Kuantan Mudik Kuantan Singingi.

Adapun tujuan dari kegiatan yang dibuka oleh GubriArsyadjuliandi Rachman ini adalah untuk meningkatkan kepedulian dan keikutsertaan seluruh elemen bangsa untuk mencintai lingkungannya melalui kegiatan penanaman pohon yang berkesinambungan guna untuk mengurangi dampak pemanasan global, meningkatkan penyerapan karbondioksida dan polutan lainnya serta mencegah banjir, kekeringan dan tanah longsor serta meningkatkan pendapatan masyarakat.

Bupati Kuantan Singingi H Mursini menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi Riau dengan dipilihnya Kuansing sebagai tuan rumah tempat penyelenggaraan acara aksi menanam pohon serentak tingkat Provinsi Riau ini.

"Bersama dengan provinsi Pemkab Kuansing juga komit dalam program seperti ini agar lingkungan alam kita tetap terjaga," ujar bupati.

Sementara itu Gubri menyebutkan aksi serentak menanam pohon kali ini diberikan kepada masyarakat sebanyak 5.500 batang tanaman buah buahan untuk pekarangan. Kemudian juga diberikan tanaman buah buahan sebanyak 27.634 batang untuk elemen masyarakat sejenis multipurposetreespecies (MPTS).

"Saya berharap setelah tanaman ini diberikan kepada masyarakat segera ditanam. Sehingga lahan terbuka di daerah kita menjadi berkurang dan bumi kita semakin hijau," tutup gubri.

Selesai acara dilanjutkan dengan penanaman pohon secara simbolis oleh Gubri dan Bupati Kuansing. Acara ini diikuti oleh Wakil Bupati H Halim, Forkompinda Kuansing, Kepala OPD Provinsi Riau dan Kuansing serta pejabat eselon III dan IV di lingkup Pemkab Kuansing.

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan dipublikasikan. Kolom isian yang wajib diisi ditandai *
Catatan: HTML tidak diterjemahkan!

Profil Kuansing

  • Bupati
    Drs. H. Suhardiman Amby ,Ak. MM
  • Wakil Bupati
    -
  • Hari Jadi
    12 Oktober 1999
  • Luas
    7.656,03 km2
  • Penduduk
    325.307 jiwa (2016)
  • Kepadatan
    41,53 km2 (2016)
  • Kecamatan
    15
  • Kelurahan
    11
  • Zona Waktu
    WIB (GMT +7)
  • Kode Telepon
    +62 0760
  • Koordinat
    0 000 -1 0 00 LS
    101 0 02 - 101 0 55 BT
  • Ketinggian
    400 mdpl
LPPL Kuansing FM
LPPL Kabupaten Kuantan Singingi