Kabupaten
Kuantan Singingi

Kebakaran Hebat Hanguskan Sepuluh Rumah dan Satu Gudang Kosong di Singingi Hilir

TELUKKUANTAN - Terjadi kebakaran hebat yang menimpa rumah milik warga dan gudang kosong di kawasan Pasar Lama Desa Sumber Jaya Kecamatan Singingi Hilir, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau pada Rabu (19/05/2021) sekira pukul 18.00 WIB.

Dimana kebakaran yang menimpa 10 unit rumah milik warga dan 1 gudang kosong di Kawasan Pasar Lama Desa Sumber Jaya Kecamatan Singingi Hilir tersebut diduga terjadi karena korsleting listrik.

Hal itu dibenarkan oleh Kapolres Kuansing AKBP Henky Poerwanto, S.I.K.,M.M melalui Kapolsek Singingi Hilir AKP Waras Wahyudi, S.H pada Rabu (19/05/2021) malam.

Adapun data-data pemilik rumah terkena dampak kebakaran yang terhimpun, yakni rumah milik Samwiroji (68) pekerjaan petani, Nuryanti (41) pekerjan IRT, Rino Devita (35) pekerjaan pedagang kosmetik, Subambang Wahyudi (35) pekerjaan wiraswasta, Marjuan (60) pedagang rumah makan, Weldi (35) pekerjaan Pedagang mainan anak-anak, Nasrulloh (30) Pekerjaan Pedagang buah, Sison (40) Rumah dalam keadaan Kosong dan berdomosili di Sumbar, Sumadi (65) Rumah dalam keadaan Kosong dan berdomisili di Desa Sungai Buluh, Nuriman (65) Rumah dalam keadaan kosong dan berdomisili di Desa Simpang Raya serta 1 unit gudang kosong.

Menurut Kapolsek Singingi Hilir AKP Waras Wahyudi, S.H mengatakan bahwa kebakaran yang menimpa 10 unit rumah dan 1 unit gudang kosong tersebut berawal dari korsleting listrik yang terjadi dirumah Marjuan (60) yang dalam kondisi rumah kosong.

"Kebakaran ini diduga terjadi dikarenakan korsleting listrik dirumah Marjuan yang dalam kondisi rumah sedang kosong, kemudian api dengan cepat membesar dan membakar rumah warga yang terbuat dari kayu sebanyak 11 unit rumah masyarakat," terang Kapolsek.

Setelah api membesar dan membakar rumah warga, sambung AKP Waras Wahyudi selaku Kapolsek Singingi Hilir yang baru dilantik pada Rabu (19/05/2021) pagi, diketahui oleh masyarakat dan kemudian melakukan pemadaman dengan cara manual dan mobil air milik PT. Wana Sari Nusantara (WSN).

Kemudian sekira pukul 20.00 WIB unit mobil Damkar milik Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) sebanyak 3 unit tiba di Tempat Kejadian Perkara (TKP) kebakaran dan langsung melakukan pemadaman kebakaran.

Ada pun personil Polsek Singingi Hilir yang dikerahkan bersama TNI, warga dan petugas Damkar melakukan upaya untuk memadamkan api yang membakar rumah dan gudang milik warga tersebut.

Lebih lanjut dikatakan Kapolsek, sekira pukul 21.15 WIB api berhasil dipadamkan, situasi terdapat dalam keadaan aman dan terkendali. "Kerugian materil yang ditimbulkan ditafsir sebesar Rp. 500.000.000,- ( Lima ratus juta rupiah ). Dan korban jiwa Nihil, tidak ada korban jiwa," terang Kapolsek.

Disisi lain Risman Ali SE MM selaku Camat Singingi Hilir mengatakan sekitar 80 persen isi rumah diselamatkan oleh warga dengan cara bergotong royong, sehingga bisa meminimalisir angka kerugian yang ditafsir.

“Untuk pemberisahan puing-puing sisa kebakaran tadi malam sudah pihak kecamatan sepakati akan dilakukan oleh alat berat bantuan dari Pt. Surya Agrolika Yeksa (SAR),” kata camat Singingi Hilir.

Kendati demikian, pada hari ini Kamis (20/05/2021) Camat beserta staf dilingkungan Pemerintah Kecamatan Singingi Hilir mengadakan rapat membahas klasifikasi status korban kebakaran, yakni pemilik rumah, pengontrak, terdampak dan rumah kosong. Hasil klasifikasi tersebut untuk menentukan besaran sumbangan tahap pertama bagi korban kebakaran.

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan dipublikasikan. Kolom isian yang wajib diisi ditandai *
Catatan: HTML tidak diterjemahkan!

Profil Kuansing

  • Bupati
    Drs. H. Suhardiman Amby ,Ak. MM
  • Wakil Bupati
    -
  • Hari Jadi
    12 Oktober 1999
  • Luas
    7.656,03 km2
  • Penduduk
    325.307 jiwa (2016)
  • Kepadatan
    41,53 km2 (2016)
  • Kecamatan
    15
  • Kelurahan
    11
  • Zona Waktu
    WIB (GMT +7)
  • Kode Telepon
    +62 0760
  • Koordinat
    0 000 -1 0 00 LS
    101 0 02 - 101 0 55 BT
  • Ketinggian
    400 mdpl
LPPL Kuansing FM
LPPL Kabupaten Kuantan Singingi