Kabupaten
Kuantan Singingi

KPU Kuansing melaksanakan tahapan pembentukan badan adhoc penyelenggara Pemilihan Umum Tahun 2024

Teluk Kuantan - Badan Adhoc merupakan penyelenggara Pemilu yang dibentuk oleh KPU Kabupaten yang berkedudukan di kecamatan (Panitia Pemilihan Kecamatan), di desa/kelurahan (Panitia Pemungutan Suara), berkedudukan di TPS saat Pemungutan suara 14 Februari 2024 mendatang yang disebut  KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) dan Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih).

Wigati Iswandhiari Divisi Sosdiklih Parmas dan SDM KPU Kuansing  saat berdialog di LPPL Kuansing Fm mengatakan,

Saat ini merupakan tahapan pembentukan untuk penyelenggara Pemilu di tingkat Kecamatan, yaitu Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang berlangsung sejak 20 November 2022 hingga 16 Desember 2022. Adapun jadwal Pembentukan PPK adalah sebagai berikut:

Sementara Ahdanan Saleh komisioner KPU Kab Kuansing mengatakan

-Pengumuman pendaftaran PPK 20 – 24 Nov 2022

-Penerimaan pendaftaran calon anggota PP 20 – 29 Nov 2022

-Penelitian administrasi 21 Nov  1 Des 2022

-Pengumuman hasil penelitian administrasi 2 – 4 Des 2022

-Seleksi tertulis calon anggota PPK 5 – 7 Des 2022

-Pengumuman hasil seleksi tertulis 8 – 10 Des 2022

-Tanggapan dan masukan masyarakat 2 – 10 Des 2022

-Wawancara calon anggota PPK 11 – 13 Des 2022

-Pengumuman hasil seleksi wawancara 14 – 16 Desember 2022

-Penetapan anggota PPK Terpilih 16 Desember 2022

-Pelantikan 4 Januari 2022

Sedangkan untuk Pembentukan adhoc di tingkat desa/kelurahan akan dilaksanakan pada tanggal 18 Desember 2023 – 17 Januari 2023.

Persyaratan untuk menjadi anggota adhoc baik PPK, PPS dan KPPS adalah :

a.Warga negara Indonesia;

b.berusia paling rendah 17 (tujuh belas) tahun;

c.setia kepada Pancasila sebagai dasar Negara, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhinneka Tungga Ika, dan cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945;

d.mempunyai integritas, pribadi yang kuat, jujur dan adil;

e.tidak menjadi anggota Partai Politik yang dinyatakan dengan surat pernyataan yang sah, atau paling singkat 5 (lima) tahun tidak lagi menjadi anggota partai politik yang dibuktikan dengan surat keterangan dari pengurus partai politik yang bersangkutan;

f.berdomisili dalam wilayah kerja PPK;

g.mampu secara jasmani, rohani, dan bebas dari penyalahgunaan narkotika;

h.berpendidikan paling rendah sekolah menengah atas atau sederajat; dan

i.tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memeroleh kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara 5 (lima) tahun atau lebih.

Persyaratan tersebut dituangkan dalam kelengkapan berkas sebagai berikut:

a.Surat pendaftaran sebagai calon anggota PPK;

b.Fotokopi Kartu Tanda Penduduk Elektronik;

c.Fotokopi ijazah sekolah menengah atas/sederajat atau ijazah terakhir

d.Surat pernyataan yang memuat:

1.setia kepada Pancasila sebagai dasar Negara, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhinneka Tungga Ika, dan cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945;

2.tidak menjadi anggota Partai Politik;

3.bebas dari penyalahgunaan narkotika;

4.tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara 5 (lima) tahun atau lebih;

5.tidak pernah dijatuhi sanksi pemberhentian tetap oleh KPU Kabupaten/Kota atau Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu;

6.tidak menjadi tim kampanye atau tim pemenangan atau saksi peserta Pemilu atau Pemilihan pada penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan paling singkat dalam 5 (lima) tahun terakhir;

7.tidak berada dalam ikatan perkawinan dengan sesama penyelenggara Pemilu;

8.tidak memiliki penyakit penyerta (komorbiditas);

9.mempunyai kemampuan dan kecakapan dalam membaca, menulis dan berhitung; dan

10.mampu mengoperasikan perangkat teknologi informasi;

11.sehat rohani

e.Surat keterangan sehat jasmani yang dikeluarkan oleh puskesmas, rumah sakit, atau klinik yang termasuk di dalamnya terdapat pemeriksaan tekanan darah, kadar gula darah, dan kolesterol;

f.Daftar Riwayat Hidup; dan

g.Pas Foto Berwarna 4 x 6

Pendaftaran dapat dilakukan melalui SIAKBA (Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Adhoc) yang dapat diakses melalui https://siakba.kpu.go.id. Pelamar terlebih dahulu membuat akun SIAKBA dengan mendaftarkan alamat email aktif dan password untuk akun SIAKBA, kemudian melakukan aktivasi akun SIAKBA melalui alama email tersebut, login kembali pada akun SIAKBA dan ikuti langkah-langkah yang ada pada akun SIAKBA tersebut. Format surat pendaftaran, pernyataan dan SRH dapat diunduh melalui akun SIAKBA setelah pelamar mengisi dan mengupload persyaratan pada akun SIAKBA.

Hingga Kamis, 24 Desember 2022, data SIAKBA per pukul 10.00 WIB, telah terdaftar 520 pelamar calon Anggota PPK yang tersebar di 15 Kecamatan. Kepada para pelamar ini, Wigati mengingatkan untuk selalu cek email dan notifikasi pada akun SIAKBA untuk melihat apakah dokumen sudah diterima atau masih perlu perbaikan. Jika dokumen telah diterima maka pelamar wajib mencetak bukti pendaftaran dan tanda terima melalui akun SIAKBA sebanyak dua rangkap untuk diserahkan kepada KPU Kuansing bersama dengan berkas fisik lamaran pada jam kerja 08.00 sd 16.00 WIB hingga tanggal 4 Desember 2022.

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan dipublikasikan. Kolom isian yang wajib diisi ditandai *
Catatan: HTML tidak diterjemahkan!

Profil Kuansing

  • Bupati
    Drs. H. Suhardiman Amby ,Ak. MM
  • Wakil Bupati
    -
  • Hari Jadi
    12 Oktober 1999
  • Luas
    7.656,03 km2
  • Penduduk
    325.307 jiwa (2016)
  • Kepadatan
    41,53 km2 (2016)
  • Kecamatan
    15
  • Kelurahan
    11
  • Zona Waktu
    WIB (GMT +7)
  • Kode Telepon
    +62 0760
  • Koordinat
    0 000 -1 0 00 LS
    101 0 02 - 101 0 55 BT
  • Ketinggian
    400 mdpl
LPPL Kuansing FM
LPPL Kabupaten Kuantan Singingi