Kabupaten
Kuantan Singingi

KUANSING MENJADI KABUPATEN PERTAMA PERESMIAN 100 % DESA BERLISTRIK, BUPATI MURSINI PUJI KINERJA PLN

PANGKALAN INDARUNG,HUMAS - Rabu Siang (19/12/2018) Pemkab Kuansing beserta Masyarakat Desa Pangkalan Indarung Kecamatan Singingi, bersuka cita dalam rangka peresmian 100 % desa berlistrik Kabupaten Kuantan Singingi sekaligus panen ikan bersama.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Kuansing, Bupati Mursini beserta forkopimda menyambut baik kedatangan pihak PT.PLN Provinsi Riau dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas terlaksananya pembangunan listrik perdesaan untuk desa-desa yang sebelumnya belum dialiri listrik di Kabupaten Kuantan Singingi, yakni Desa Pangkalan Indarung.

Dalam sambutannya, Bupati Mursini menyampaikan program listrik perdesaan ini adalah kebijakan pemerintah dalam bidang ketenagalistrikan guna perluasan akses listrik pada wilayah yang belum terjangkau jaringan distribusi tenaga listrik di daerah perdesaan.

"Saya atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Kuantan Singingi, mengucapkan terima kasih kepada pihak PT.PLN dalam menjalankan pekerjaan pembangunan listrik perdesaan ini,  meski dengan berbagai kendala yang dihadapi namun tetap melaksanakan pembangunan listrik dengan baik."

Melihat data dari PT.PLN, pembangunan jaringan listrik perdesaan Provinsi Riau pada tahun 2017, Kabupaten Kuantan Singingi yang belum dibangun jaringan listrik ada di dua desa, yakni Desa Setiang Kecamatan Pucuk Rantau dan Desa Tanjung Pauh Kecamatan Singingi Hilir. Sedangkan pada tahun 2018, ada satu desa yakni Desa Pangkalan Indarung Kecamatan Singingi.

"Alhamdulillah, pada tahun 2018 ini Desa Pangkalan Indarung menjadi terang benderang,  semua pekerjaan dari Pihak PLN dapat terlaksana dengan baik, sehingga Kuansing menjadi kabupaten pertama peresmian 100 % Desa berlistrik di wilayah Provinsi Riau.", Ucap Bupati Mursini.

General Manager PLN Wilayah Riau Dan Kepulauan Riau (WRKR) M Irwansyah Putra juga menyampaikan bahwa dengan bertambahnya desa berlistrik di Kabupaten Kuansing ini akan meningkatkan Rasio Elektrifikasi Provinsi Riau.  "Pangkalan Indarung, adalah desa terakhir dialiri listrik di Kabupaten Kuansing, meski banyak hambatan dan tantangan yang dihadapi dalam melaksanakan pekerjaan pembangunan listrik perdesaan di Desa Pangkalan Indarung ini, nantinya Kabupaten Kuansing 100 % terang benderang.", terang Irwansyah.

Lokasi Desa Pangkalan Indarung, termasuk daerah dengan faktor geografis yang sulit dijangkau oleh jaringan distribusi PLN, penduduk yang padat juga dengan kondisi jalan yang terjal dan berliku. Selain itu, keterbatasan pendanaan untuk pembangunan infrastruktur penyediaan tenaga listrik dan keberlanjutan (sustainability) pembangkit energi baru juga menjadi tantangan yang cukup berarti bagi pihak PLN dalam pekerjaan pembangunan listrik perdesaan Desa Pangkalan Indarung, namun pembangunan listrik ini tetap terlaksana dengan baik hingga semuanya selesai di akhir tahun 2018.

Irwansyah berharap, warga Kuansing agar memanfaatkan listrik secara optimal guna meringankan pekerjaan yang selama ini dilakukan secara manual. Semoga pengoperasian infrastruktur listrik di Desa Pangkalan Indarung ini, dapat mendorong lajunya pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan taraf hidup warga.

Peresmian 100 % desa berlistrik di Kabupaten Kuantan Singingi tampak riuh riang yang diawali dengan mengucap bismillah, " Kabupaten Kuansing, resmi 100 % terang benderang", serta secara bersama-sama menyalakan lampu di beberapa titik sebagai pertanda awal, Pangkalan Indarung menjadi desa yang terang benderang.

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan dipublikasikan. Kolom isian yang wajib diisi ditandai *
Catatan: HTML tidak diterjemahkan!

Profil Kuansing

  • Bupati
    Drs. H. Mursini, M.Si
  • Wakil Bupati
    H. Halim
  • Hari Jadi
    12 Oktober 1999
  • Luas
    7.656,03 km2
  • Penduduk
    325.307 jiwa (2016)
  • Kepadatan
    41,53 km2 (2016)
  • Kecamatan
    15
  • Kelurahan
    11
  • Zona Waktu
    WIB (GMT +7)
  • Kode Telepon
    +62 0760
  • Koordinat
    0 000 -1 0 00 LS
    101 0 02 - 101 0 55 BT
  • Ketinggian
    400 mdpl