Kabupaten
Kuantan Singingi

Musyawarah Rencana Pembangunan (MUSRENBANG) Tingkat Kecamatan di Kecamatan Singingi Hilir

Teluk Kuantan – Bupati Kuantan Singingi (Kuansing) Drs H Mursini hadiri Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) di Kecamatan Singingi Hilir Rabu (12/02/2020).

Musrenbang tingkat kecamatan yang Singingi Hilir diawali laporan Camat Risman Ali, SE.,M.Si dan ekspose potensi dan kondisi wilayah. “Kecamatan Singingi Hilir merupakan pintu gerbang Kabupaten Kuantan Singingi yang mempunyai potensi alam dan Kawasan yang sangat potensial bagi kesejahteraan masayarakt.” Namun kondisi infrastruktur, sarana dan prasana yang belum memadai menjadi kendala.

Pada kesempatan Musrembang Camat menyampaikan beberapa aspirasi usulan pembanguan di Kecamatan Singingi Hilir, antara lain, dibidang infrastruktur, perbaikan dan pengaspalan jalan, jembatan dan pembangunan rumah layak huni.

Dibidang kesehatan, pembangunan ruang rawat inap. Dibidang pendikan, pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB). Dibidang ekonomi, pengadaaan bibit kelapa sawit, bibit ikan, bibit sapi dan pembangunan jalan produksi sedangkan dibidang wisata pembangunan objek wisata Danau Biru.

Camat juga menyampaikan pada tahun 2019 Kecamatan Singingi Hilir memperoleh 13 penghargaan dimana 5 dari 13 penghargaan berasal dari sektor peningkatan pedapatan daerah. Oleh karena itu Camat berharap usulan dari Kecamtan Singingi Hilir ini dapat menjadi pertimbangan dan disetujui oleh Pemerintah Daerah.

Pada kesempatan yang  sama beberapa tokoh masyarakat Singingi Hilir juga menyampaikan beberapa permasalahan dan aspirasi kepada Pemerintah Daerah.

Rajak salah seorang perwakilan masyarakat menyampaiakan, kondisi jalan yang rusak dan berlobang sudah sangat mengkhawatirkan dijalan lintas Pekanbaru Teluk Kuantan. “jalan ini berada diwilayah dua Pemerintah Daerah, Kabupaten Kampar dan Kabupaten Kuantan Singingi,.” Beliau meminta pemerintah untuk bersinergi memperjuangkan infrastruktur jalan ini supaya lebih baik. Kemudian permasalahan Kawasan hutan Rimbo Baliang yang merupakan hutan swaka marga satwa yang belakangan disinyalir dieksploitasi oleh oknum-oknum masyarakat.

Bupati Kabupaten Kuantan Singingi yang hadir pada pelaksanaaan Musrembang ini menyampaikan, terhadap permasalahan dan usulan-usulan masyarakat untuk diperhatikan dan dibuat skala prioritas penyelesaiannya.

selanjutnya Dalam arahannya, bupati menyampaikan kepada masyarakat Kecamatan Singingi Hilir bahwa sejauh ini pemerintah sudah berupaya diantaranya pasar lelang karet. dimana pasar lelang karet bisa mendongkrak harga karet petani. pemkab kuansing mengembangkan industry hilir komoditi karet dengan tujuan untuk menaikan harga karet di kalangan petani. Karena  kalau kita lihat dipasaran harga karet kisaran 6000-7000 namun kalau di pasar lelang bisa dibargai sampai 9.000/9.500.

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan dipublikasikan. Kolom isian yang wajib diisi ditandai *
Catatan: HTML tidak diterjemahkan!

Profil Kuansing

  • Bupati
    Drs. H. Mursini, M.Si
  • Wakil Bupati
    H. Halim
  • Hari Jadi
    12 Oktober 1999
  • Luas
    7.656,03 km2
  • Penduduk
    325.307 jiwa (2016)
  • Kepadatan
    41,53 km2 (2016)
  • Kecamatan
    15
  • Kelurahan
    11
  • Zona Waktu
    WIB (GMT +7)
  • Kode Telepon
    +62 0760
  • Koordinat
    0 000 -1 0 00 LS
    101 0 02 - 101 0 55 BT
  • Ketinggian
    400 mdpl
LPPL Kuansing FM
LPPL Kabupaten Kuantan Singingi