Kabupaten
Kuantan Singingi

Pasangan Bujang-Dara Kuansing Yures Tanto dan Juliana Tasya berangkat ke Tingkat Provinsi Riau

TELUK KUANTAN - Pasangan Yures Tanto dan juliana Tasya akhirnya terpilih sebagai Bujang - Dara Kabupaten Kuantan Singingi tahun 2021. Berdasarkan Surat Rekomendasi dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kuantan Singingi yang di bawah pimpinan Kepala Dinas DR H Indra Suandy, memberikan surat rekomendasi kepada kedua pasangan Bujang - Dara untuk mengikuti dalam kegiatan Bujang Dara Riau Tahun 2021 ke Pekanbaru Provinsi Riau, Kamis (25/11/2021).

Sepasang Mahasiswa Universitas Islam Kuantan Singingi (UNIKS) tersebut menjadi harapan untuk mewakili Kabupaten Kuantan Singingi dimana mereka Bujang dan Dara berperan penting sebagai Duta Pariwisata, untuk mengenalkan Budaya Melayu dan juga dapat mempromosikan di sektor Wisata Daerah Kuantan Singingi.

Bujang Yures Tanto Kelahiran Koto Sentajo 26 Juli 1999 itu juga merupakan finalis pada Bujang dan Dara Kabupaten Kuansing pada Tahun 2019 yang lalu sementara Juliana Tasya lahir 4 Juli 2002 asal Pulau Ingu Kecamatan Benai juga memiliki Pengalaman menjadi Dara di festival Kampus UNIKS, Artinya memang kedua pasangan ini benar-benar memiliki segudang pengalaman terhadap pemilihan Bujang dan Dara.

Ketika dijumpai kedua pasangan Bujang dan Dara Yures Tanto dan juliana Tasya Selasa (23/11/2021) di Taluk Kuantan mengatakan sudah mempersiapkan dirinya untuk maju pada pemilihan Bujang dan Dara yang Insha Allah berangkat dari Kabupaten Kuansing pada 25 November dan pada 26 November semua Peserta sudah masuk tahap Karantina sampai tanggal 29 November nanti, dan Tanggal 29 malamnya acara puncak Grand Final Di Bono Hotol Pekanbaru, terang Yures.

Untuk itu kami minta dan mohon dukungannya dan doa dari masyarakat Kabupaten Kuantan Singingi, terutama kepada Pemerintah Daerah Kuatan Singingi dengan harapan nantinya kami berdua bisa membawa pulang Piala terbaik dari Bujang-Dara Provinsi Riau Tahun 2021, harapnya.

“Kadis Pariwisata Indra Suandy didampingi Kabid Kesenian sejarah, dan cagar budaya Maulina Reza, Kabid mengatakan terkait dengan ada wabah virus yang terjadi Indonesia dua tahun ini, tidak luput juga di Kabupaten Kuantan Singingi, dari kegiatan yang sebelumnya ada untuk melaksanakan kegiatan seleksi Bujang-Dara dan untuk dua tahun ini memang tidak di laksanakan karena ada pembatasan kegiatan yang mengharuskan tidak menimbulkan berkumpulnya orang banyak dan melanggar Prokes maka, untuk mengirim perwakilan bujang dara Kuansing melalui surat Rekomendasi penunjukan secara langsung,tentunya juga sebelumnya ada proses yang harus menjadi pertimbangan dari keputusan surat rekomendasi tersebut,” ujar Indra Suandi.

Mengingat kegiatan itu tidak ada, maka kita minta kepada adik-adik para alumni untuk berdiskusi, dan dari hasil diskusi tersebut menghasilkan 2 versi. Versi 1 dari Putri Kampus dan versi 2 dari finalis bujang dara kabupaten yg lalu Tahun 2009.

Mengingat dan menimbang pada pada calon peserta finalis kemarin yang telah menjuarai  mereka pernah kita kirim dan tidak mungkin kita kirim lagi, maka kami putuskan untuk mengirim  yang juara 2, ternyata sudah melewati lewat usia yang menjadi syarat dari pemilihan Bujang Dara. Dan kita putuskan  juara 3 Tahun 2019 yang akan berangkat mewakili Kuansing Tahun 2021.

“Atas dasar surat Rekomendasi dari Kampus UNIKS, dan didapatkannya surat rekomendasi Duta Putri Kampus, Alumni Bujang dDra Kuansing Diputuskan untuk mengirimkan Yuliana Tasya mengisi sebagai Dara perwakilan dari Putri Kampus dan Bujang dari Finalis, untuk Finalis tahun ini, yang mengikuti kontes ini 1 kabupaten 1 pasang perwakilan, berarti, dan tentunya  peserta hanya 12 pasang finalis dari tiap kabupaten, ini juga merupakan besar kemungkinan Kabupaten Kuansing untuk mendapatkan kesempatan meraih piala akan besar juga selain kedua pasangan Bujang dan dara ini merupakan orang pilihan dan segudang pengalaman dan prestasi terutama di bidang kepariwisataan dan di mudah-mudahan perwakilan Bujang Dara tahun ini bisa memberikan yang terbaik bagi Kuansing,” pangkasnya. (kupaskasus)

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan dipublikasikan. Kolom isian yang wajib diisi ditandai *
Catatan: HTML tidak diterjemahkan!

Profil Kuansing

  • Bupati
    Drs. H. Suhardiman Amby ,Ak. MM
  • Wakil Bupati
    -
  • Hari Jadi
    12 Oktober 1999
  • Luas
    7.656,03 km2
  • Penduduk
    325.307 jiwa (2016)
  • Kepadatan
    41,53 km2 (2016)
  • Kecamatan
    15
  • Kelurahan
    11
  • Zona Waktu
    WIB (GMT +7)
  • Kode Telepon
    +62 0760
  • Koordinat
    0 000 -1 0 00 LS
    101 0 02 - 101 0 55 BT
  • Ketinggian
    400 mdpl
LPPL Kuansing FM
LPPL Kabupaten Kuantan Singingi