Kabupaten
Kuantan Singingi

Pemdes Gunkes Lakukan Penanaman Padi Sawah Pola Padat Karya Program IP200

 

TELUKKUANTAN - Pemerintah Desa Gunung Kesiangan melakukan penanaman padi sawah pola padat karya program IP200 musim tanam 2021 dengan Dana Desa (DD), Senin (02/08/2021).

Dimana penanaman padi sawah yang didanai melalui Dana Desa (DD) ini dalam rangka upaya peningkatan peremonomian masyarakat Desa Gunung Kesiangan Kecamatan Benai Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau.

Untuk itu kata Kepala Desa Gunung Kesiangan, Firdaus, Pemerintahan Desa Gunung Kesiangan menganggarkan dana sebesar Rp.231.495.000,- dari anggaran APBDes melalui Dana Desa (DD) tahun 2021 guna kesejahteraan masyarakat.

"Hal ini salah satu upaya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat kita terutama di bidang pertanian, untuk itu kita sudah menganggarkan ratusan juta rupiah untuk pengelolahan lahan persawahan seluas 40,59 Hektare yang berada di wilayah Pemerintahan Desa Gunung Kesiangan Kecamatan Benai," jelas Kades Gunung Kesiangan.

Penyuluh Pertanian Kecamatan Benai, Syafri Lubis SP usai kegiatan juga membenarkan program yang tengah dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Gunung Kesiangan tersebut.

"Alhamdulillah, giat hari ini di WKPP Desa Gunung Kesiangan melakukan penanaman padi sawah pola padat karya program IP200 musim tanam 2021 dengan Dana Desa," kata Syafri Lubis.

Menurut Syafri Lubis, selain dirinya kegiatan tersebut juga ikut dihadiri langsung oleh Plt Koordinator BPP Pertanian Kecamatan Benai, Marlena SP beserta jajaran lainnya, serta Pendamping Lokal Desa Gunung Kesiangan, Indra Siswanto.

"Kita cukup bangga dengan Kepala Desa yang mau memikirkan kesejahteraan masyarakatnya, secara mayoritas masyarakat kita disini merupakan petani padi sawah. Mudah mudahan hal ini menjadi motivasi bagi petani petani kita ke depannya," tutup Syafri Lubis.

"Secara pribadi saya siap selalu mendukung program yang dilaksanakan Pemerintahan Desa ini, selaku pendamping saya sangat mensupport pak Kades yang sudah mau menganggarkan untuk masyarakat petani kita ini," sambung Indra Siswanto.

Usai kegiatan Kasi PMD Kecamatan Benai, Paimun Hendro SP mengatakan bahwa pihak Kecamatan Benai selalu memberikan dukungan terhadap desa-desa yang melaksanakan program pemberdayaan yang bertujuan untuk peningkatan perekonomian masyarakatnya.

"Kita di kecamatan selalu menyarankan untuk program program unggulan yang mampu meningkatkan perekonomian masyarakat, apalagi disaat seperti sekarang ini," tutup Paimun Hendro.

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan dipublikasikan. Kolom isian yang wajib diisi ditandai *
Catatan: HTML tidak diterjemahkan!

Profil Kuansing

  • Bupati
    Andi Putra, SH, MH
  • Wakil Bupati
    Drs. H. Suhardiman Amby ,Ak. MM
  • Hari Jadi
    12 Oktober 1999
  • Luas
    7.656,03 km2
  • Penduduk
    325.307 jiwa (2016)
  • Kepadatan
    41,53 km2 (2016)
  • Kecamatan
    15
  • Kelurahan
    11
  • Zona Waktu
    WIB (GMT +7)
  • Kode Telepon
    +62 0760
  • Koordinat
    0 000 -1 0 00 LS
    101 0 02 - 101 0 55 BT
  • Ketinggian
    400 mdpl
LPPL Kuansing FM
LPPL Kabupaten Kuantan Singingi