Kabupaten
Kuantan Singingi

Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi Kembali Raih Opini WTP

Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi kembali meraih prestasi opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam pengelolaan keuangan daerah tahun 2016. Ini merupakan WTP untuk ke-6 yang diterima Kuantan Singingi.

Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas laporan keuangan daerah Kabupaten Kuansing diserahkan langsung oleh BPK RI perwakilan Riau kepada Ketua DPRD Kuansing, Andi Putra, SH, MH di Gedung BPK RI Wilayah Riau Pekanbaru, Senin (10/7/2017). Selain diserahkan ke Ketua DPRD Kuantan Singingi, BPK RI perwakilan Riau juga menyerahkan LHP kepada Bupati dan Wakil Bupati Kuansing, Mursini - Halim.

Penyerahan LPH atas laporan keuangan Pemkab Kuantan Singingi tahun 2016 dilakukan oleh Plh.Kepala Perwakilan BPK Provinsi Riau Didik Hartanto SE,MM,Ak,CA.

Pemeriksaan terhadap laporan keuangan bertujuan untuk memberikan opini atas laporan keuangan. Opini merupakan pernyataan Profesional sebagai keaimpulan pemeriksaan mengenai tingkat kewajaran informasi yang disajikan dalam laporan keuangan.

Berdasarkan hasil pemeriksaan keuangan Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi tahun 2016, BPK RI memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Opini ini diberikan atas dasar kesesuaian laporan keuangan dengan standar Akuntansi pemerintah (SAP), Efektifitas sistem pengendalian Internal (SPI), Kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan serta pengungkapan dalam laporan keuangan yang memadai.

BPK mengharapkan hasil pemeriksaan ini dapat memenuhi seluruh pemilik kepentingan (stakeholders), demi terciptanya akuntabilitas dan transparansi Keuangan daerah yang lebih baik.

Ketua DPRD Kuantan Singingi Andi Putra SH,MH mengucapkan, "Alhamdulillah, ini adalah keberhasilan ke-6 Kuansing dalam meraih WTP dan merupakan prestasi yang membanggakan," ujar Andi usai menerima LHP. Pada kesempatan tersebut Andi juga mengatakan, informasi prestasi WTP ini akan disampaikan kepada seluruh masyarakat Kuantan Singingi papar Andi Putra.

Sementara itu Bupati Kuantan Singingi Drs.H.Mursini M.Si mengucapkan terimakasih kepada seluruh Organisasi Peringkat Daerah (OPD) yang dinilainya sudah berjuang untuk meraih WTP. Apalagi, WTP ini diraih setelah Mursini - Halim genap satu tahun memimpin Kuantan Singingi.

Diakui Mursini, "Ini merupakan kebanggaan bagi Pemkab Kuansing dan berharap pada masa mendatang meraih opini yang lebih baik atau setidaknya bisa mempertahankan capaian yang sudah ada saat ini" Selain itu H. Mursini juga mengucapkan terimakasih kepada BPK RI perwakilan Riau yang telah melakukan pemeriksaan dan bimbingan selama melakukan audit atas laporan keuangan daerah Kuantan Singingi tutup H.Mursini.

1 Komentar

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan dipublikasikan. Kolom isian yang wajib diisi ditandai *
Catatan: HTML tidak diterjemahkan!

Profil Kuansing

  • Bupati
    Drs. H. Mursini, M.Si
  • Wakil Bupati
    H. Halim
  • Hari Jadi
    12 Oktober 1999
  • Luas
    7.656,03 km2
  • Penduduk
    325.307 jiwa (2016)
  • Kepadatan
    41,53 km2 (2016)
  • Kecamatan
    15
  • Kelurahan
    11
  • Zona Waktu
    WIB (GMT +7)
  • Kode Telepon
    +62 0760
  • Koordinat
    0 000 -1 0 00 LS
    101 0 02 - 101 0 55 BT
  • Ketinggian
    400 mdpl