Kabupaten
Kuantan Singingi

Pemerintah Kuantan Singingi Lounching Sistem Informasi Jendela Desa

Alhamdulillah saat ini Sudah tersedia Informasi desa di Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi yang diberi nama JENDELA DESA.

Jendela desa merupakan kanal informasi seputar desa yang dibuat untuk memudahkan masyarakat untuk mengetahui informasi sekitar desa yang ada di Kabupaten Kuantan Singingi.

Hal ini merupakan amanat dari UU Desa No. 6/2014 pada pasal 86 yang merujuk kepada Sistem Informasi Desa dan Pembangunan Kawasan. Dimana pasal tersebut berisi sebagai (1) Desa berhak mendapatkan akses informasi melalui sistem informasi Desa yang dikembangkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota.(2) Pemerintah dan Pemerintah Daerah wajib mengembangkan sistem informasi Desa dan pembangunan Kawasan Perdesaan. (3) Sistem informasi Desa sebagaimana dimaksud pada ayat (2) meliputi fasilitas perangkat keras dan perangkat lunak, jaringan, serta sumber daya manusia.(4) Sistem informasi Desa sebagaimana dimaksud pada ayat (2) meliputi data Desa, data Pembangunan Desa, Kawasan Perdesaan, serta informasi lain yang berkaitan dengan Pembangunan Desa dan pembangunan Kawasan Perdesaan.

Beberapa hal itulah yang menjadi dasar Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi membuat kanal informasi yang disebut denga jendela Desa.

Pemerintah berharap dengan adanya kanal informasi desa ini dapat dimanfaatkan untuk menginformasikan segala sesuatu tentang desa yang berguna bagi masyarkat ujar Napisman Kabid Pemberdayaan Desa.

Lebih lanjut Napisman menjelaskan tentu banyak manfaat yang akan didapat dengan adanya kanal informasi desa ini kedepannya diantaranya  Sistem Informasi Desa berisi tentang data desa, data pembangunan desa, kawasan desa, dan informasi lain yang berkaitan dengan pembangunan desa. Informasi berkaitan dengan pembangunan kawasan perdesaan juga wajib disediakan oleh pemerintah di tingkat Kabupaten/Kota. Informasi-informasi ini dibuka menjadi data atau informasi publik yang dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat. 

Saat ini banyak daerah yang sudah mengembangkan Sistem Informasi Desa" suatu desa bisa saja lebih dari satu: misalnya OpenSID untuk pengelolaan data kependudukan, SISKEUDES untuk mengelola keuangan desa, aplikasi lain untuk mengelola BUMDes dan lain sebagainya.

"kita pemerintah kabupaten Kuantan Singingi khususnya yang membidangi desa tentu tidak mau ketinggaln terkait program nasional ini. Untuk itulah jendela desa ini kita buat, dan berharap mempunyai manfaat bagi masyarkat kita nanti ujarnya.

Harapan kedepannya  dengan adanya Sistem Informasi Desa akan terwujud efektifitas dan efisiensi terhadap pelayanan desa, pemerintahan desa lebih transparan, akuntabel, layanan publik lebih baik, warga mendapatkan akses infromasi lebih baik dan warga dapat berpatisipasi lebih aktif dalam pembangunan desa ujarnya menutup pembicaraan.

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan dipublikasikan. Kolom isian yang wajib diisi ditandai *
Catatan: HTML tidak diterjemahkan!

Profil Kuansing

  • Bupati
    Drs. H. Mursini, M.Si
  • Wakil Bupati
    H. Halim
  • Hari Jadi
    12 Oktober 1999
  • Luas
    7.656,03 km2
  • Penduduk
    325.307 jiwa (2016)
  • Kepadatan
    41,53 km2 (2016)
  • Kecamatan
    15
  • Kelurahan
    11
  • Zona Waktu
    WIB (GMT +7)
  • Kode Telepon
    +62 0760
  • Koordinat
    0 000 -1 0 00 LS
    101 0 02 - 101 0 55 BT
  • Ketinggian
    400 mdpl