Kabupaten
Kuantan Singingi

Pemkab Kuansing Kembali Raih Penghargaan WTP dari Pemerintah untuk Kedua Kalinya

JAKARTA - Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi kembali meraih penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Pemerintah Pusat atas Laporan Hasil Pemeriksaan Keuangan Tahun Anggaran 2017.

Sebelumnya Tahun Anggaran 2016, Pemkab Kuansing juga meraih penghargaan yang sama, dengan demikian sudah dua kali secara berturut-turut Pemkab Kuansing meraih penghargaan ini.

Penghargaan tersebut diberikan Pemerintah Pusat melalui  Kementerian Keuangan RI kepada seluruh Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah baik Provinsi maupun Kabupaten dan kota yang berhasil meraih opini WTP sebanyak lima kali secara berturut-turut.

Pada tahun 2017, selain Kabupaten Kuansing juga ada 38 kabupaten dan 15 kota lainnya se- Indonesia juga menerima penghargaan serupa. Penerima WTP baik Kementerian/Lembaga yang meraih opini WTP pada tahun 2017 terus mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya.

Dimana untuk Kementerian/Lembaga tahun ini menerima opini WTP sebanyak 79 dari sebelumnya hanya 73. Sedangkan untuk Pemda yang berhasil meraih WTP tahun ini ada sebanyak 411 dari sebelumnya hanya berjumlah 374 pemda.

Penghargaan yang diberikan Pemerintah Pusat kepada Pemkab Kuansing ini diterima oleh Bupati Kuantan Singingi Drs.H.Mursini,M.Si. Penghargaan diberikan langsung Menteri Keuangan RI Sri Mulyani bersempena acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2018 di Aula Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan, Jakarta. Rakernas juga dibuka langsung oleh Menteri Keuangan Srimulyani dan dihadiri Para Menteri/Pimpinan Lembaga, Kepala Daerah, Sekjen Kementerian, Aparat Pengawasan Intern Pemerintah, Akademisi, dan Pimpinan Institusi terkait.

Rakernas ini diselenggarakan bertujuan antara lain untuk memperkuat komitmen bersama dalam meningkatkan akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan negara guna mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance and clean goverment) dan meningkatkan partisipasi dan dukungan masyarakat dalam menyukseskan program-program prioritas nasional.

Rakernas dilengkapi dengan talkshow yang menghadirkan pembicara Menteri Perdagangan, Mentri Perindustrian, dan sejumlah tokoh nasional . Dalam talkshow ini disampaikan program pemerintah dan kebijakan pengelolaan keuangan negara yang diambil.

Dari Rakernas ini diharapkan dapat terbangun komitmen dan semangat bersama untuk terus meningkatkan akuntabilitas pengelolaan keuangan negara dalam rangka pengelolaan keuangan yang sehat. Karena pengelolaan keuangan yang sehat akan mewujudkan Indonesia yang kuat, mandiri, dan berdaya saing dalam mencapai tujuan bernegara.

Bupati Kuansing Mursini selepas menerima penghargaan WTP dari Pemerintah Pusat menyampaikan bahwa penghargaan yang diraih ini merupakan atas kerja keras semua pihak jajaran Pemkab Kuansing dalam mengelola keuangan daerah dengan baik.

Sehubungan hal itu dirinya berharap kepada seluruh jajaran Pemkab Kuansing agar dapat mempertahankan penghargaan ini pada tahun-tahun mendatang dengan cara terus meningkatkan kinerja dan meraih predikat opini WTP setiap tahunnya atas penilaian hasil Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Kuansing.

Turut mendampingi Bupati pada acara penerimaan penghargaan WTP tersebut Sekda DR.Dianto Mampanini,SE.MT, Kepala BPKAD Hendra AP.M.Si, dan Kepala Bapenda Jafrinaldi, AP, M.IP, . Penghargaan ini diberikan oleh Pemerintah Pusat Kamis (20/9/2018).

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan dipublikasikan. Kolom isian yang wajib diisi ditandai *
Catatan: HTML tidak diterjemahkan!

Profil Kuansing

  • Bupati
    Drs. H. Mursini, M.Si
  • Wakil Bupati
    H. Halim
  • Hari Jadi
    12 Oktober 1999
  • Luas
    7.656,03 km2
  • Penduduk
    325.307 jiwa (2016)
  • Kepadatan
    41,53 km2 (2016)
  • Kecamatan
    15
  • Kelurahan
    11
  • Zona Waktu
    WIB (GMT +7)
  • Kode Telepon
    +62 0760
  • Koordinat
    0 000 -1 0 00 LS
    101 0 02 - 101 0 55 BT
  • Ketinggian
    400 mdpl