Kabupaten
Kuantan Singingi

Pemkab Kuansing Memperingati HKN Tingkat Kabupaten

Telukkuantan -Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) Tingkat Kabupaten Tahun 2019 bertempat di Desa Sungai Buluh Kecamatan Singingi Hilir, Kamis (14/11).

Menteri Kesehatan RI dalam sambutannya dibacakan Bupati Mursini menyebutkan Peringatan Hari Kesehatan Nasional yang ke 55, bahwa kita telah berjuang bersama seluruh masyarakat melaksanakan pembangunan kesehatan.

Perjuangan ini dilaksanakan demi mewujudkan manusia Indonesia yang sehat produktif, dan berdaya saing tinggi. Indonesia adalah negara dengan jumlah penduduk terbanyak keempat di dunia dan patut berbangga karena telah mencapai berbagai kemajuan dalam meningkatkan kualitas manusia Indonesia, agar sejajar dengan bangsa-bangsa lain di dunia.

Hari kesehatan yang diperingati setiap tanggal 12 November, dilaksanakan dalam suatu rangkaian kegiatan baik di tingkat pusat maupun daerah. Tema peringatan HKN tahun 2019 adalah ''Generasi Sehat Indonesia Unggul''  pembangunan kesehatan sebagai pelaksanaan amanat Undang-Undang Dasar tahun 1945 telah mencapai hasil yang menggembirakan.

Strategi pembangunan kesehatan yang kita bangun melalui tiga pilar yaitu paradigma sehat, penguatan akses pelayanan kesehatan dan penyediaan biaya melalui jaminan kesehatan nasional, melalui program gerakan masyarakat hidup sehat (Germas). Program Indonesia sehat dengan pendekatan keluarga (PIS, PK),  program Nusantara sehat (NS) dan program JKN, bersama seluruh komponen Kesehatan baik lintas program maupun lintas sektor. 

Dengan beragam tantangan dan rintangannya telah berhasil menyelesaikan beberapa masalah - masalah kesehatan untuk mewujudkan sumber daya manusia yang sehat. Hal tersebut menunjukkan dengan kerja Bersama kita telah berhasil mempersiapkan gerakan sehat untuk Indonesia unggul pada tahun 2045.

"Kita berharap generasi sehat yang kita perjuangkan bersama dapat menjadi SDM unggul yang akan mengisi 100 tahun Indonesia merdeka. Saat bonus demografi nanti menghantarkan Indonesia menjadi negara yang maju makmur dan sejahtera. Saya berharap agar rangkaian kegiatan dalam peringatan HKN ini bermanfaat untuk seluruh masyarakat dan menjadi ajang mensosialisasikan kegiatan-kegiatan yang telah dan akan dilaksanakan untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang sehat," ujar Bupati.

Saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada segenap jajaran kesehatan, jajaran lintas sektor di pusat dan daerah serta seluruh lapisan masyarakat yang telah bahu-membahu, berjuang tanpa mengenal lelah untuk melaksanakan pembangunan kesehatan dalam mempersembahkan generasi sehat untuk Indonesia unggul. Selamat hari kesehatan Nasional Salam sehat sehat Indonesia.

Dikesempatan itu Bupati H. Mursini juga menandatangani prasasti Pemakaian Gedung Puskesmas Rawat Inap dari dana DAK TA. 2018 Puskesmas Desa Lubuk Ramo, Puskesmas Rawat Inap Desa Gunung Toar dan Puskesmas Rawat Inap Desa Koto Baru.

Komitmen Pengembangan fasilitas kesehatan di Kabupaten Kuantan Singingi, terus diupayakan Pemerintah Daerah untuk mewujudkan harapan masyarakat.

Upaya untuk mencapai itu, tidak hanya bergantung kepada APBD semata-mata. Namun, Pemkab juga berupaya menjemput anggaran ke Pusat berupa Dana Alokasi Khusus (DAK).
Setidaknya, di tahun 2018 Pemkab telah membangun 3 Puskesmas Rawat Inap di tiga Kecamatan berbeda melalui anggaran DAK. Wujud nyata ini merupakan langkah untuk mencapai Visi Misi pemerintah MH.

Puskesmas yang telah siap ini, sekarang sudah dimanfaatkan oleh masing-masing pihak medis dan masyarakat di tiga Kecamatan berbeda sejak selesai dibangun. (Riauterkini)

Bupati H. Mursini juga menyerahkan berbagai hadiah dan Piagam Penghargaan bagi Desa Juara Posyandu, Lomba Desa Percontohan, Lomba Pesantren BER - PHBS, Lomba Desa BER-TOGA, Lomba Tenaga Kesehatan Teladan Kategori Bidan dan penyerahan Piagam Penghargaan bagi Desa Stop Buang Air Besar Sembarangan (STOP BASS) Se - Kabupaten Kuantan Singingi. 

Peringatan Hari Kesehatan Nasional Tingkat Kabupaten Kuantan Singingi turut dihadiri rekan-rekan Muspida kabupaten Kuantan Singingi, Sekretaris Daerah, para Asisten di lingkungan sekretariat Daerah kabupaten Kuantan Singingi, Ketua Tim Penggerak PKK, Dharma wanita Persatuan dan Ketua IKKD Kuantan Singingi para kepala UPTD kesehatan Se- Kabupaten Kuantan Singingi (Riau24). 

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan dipublikasikan. Kolom isian yang wajib diisi ditandai *
Catatan: HTML tidak diterjemahkan!

Profil Kuansing

  • Bupati
    Drs. H. Suhardiman Amby ,Ak. MM
  • Wakil Bupati
    -
  • Hari Jadi
    12 Oktober 1999
  • Luas
    7.656,03 km2
  • Penduduk
    325.307 jiwa (2016)
  • Kepadatan
    41,53 km2 (2016)
  • Kecamatan
    15
  • Kelurahan
    11
  • Zona Waktu
    WIB (GMT +7)
  • Kode Telepon
    +62 0760
  • Koordinat
    0 000 -1 0 00 LS
    101 0 02 - 101 0 55 BT
  • Ketinggian
    400 mdpl
LPPL Kuansing FM
LPPL Kabupaten Kuantan Singingi