Kabupaten
Kuantan Singingi

Pimpin Rapat Forum Lintas Perangkat Daerah, H. Maisir: Angka Prevalensi Stunting di Kuansing Menurun

Teluk Kuantan - Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) Ir. H. Maisir, pimpin rapat lintas Opd terkait penyelarasan program kegiatan Perangkat Daerah. Rapat ini berlangsung di Ruang Rapat Bappeda, Selasa (23/04/2024).

Hal ini dilaksanakan untuk menindaklanjuti arahan Bupati Kuansing Dr. H. Suhardiman Amby, MM salah satunya terkait penurunan angka stunting. Kegiatan ini ditaja oleh Bappedalitbang dalam rangka penyusunan RKPD Tahun 2025. 

Asisiten II Setda Kuansing Maisir mengatakan bahwa, berdasarkan inputan data EPPBGM angka prevalensi stunting di Kabupaten Kuansing tahun 2023 yakni 8,2 % sudah turun dari tahun 2022 yang berada diangka 17 %. Namun perlu dilakukan survey lagi untuk memvalidasi angka tersebut.

"Jika angka tersebut memang sudah valid, berarti Kabupaten Kuansing sudah melebihi terget, karena capaian target penurunan angka stunting secara Nasional yakni 14%," ujar Maisir.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa Pemkab Kuansing akan tetap terus berusaha melakukan intervensi, terutama di daerah lokus stunting agar angka stunting bisa turun.

"Saya berharap suluruh elemen dapat berperan aktif dalam menekan angka stunting ini, karena tidak bisa hanya berfokus kepada Dinas terkait sajabaik itu maka diperlukan juga sinergitas antara Opd, Kecamatan dan Desa  ujar H. Maisir.

Kemudian, Ketua Bunda Asuh Stunting Kabupaten Kuansing Hj. Yulia Herma Suhardiman juga akan berupaya menggerakkan Bunda Asuh Kecamatan dan Desa untuk lebih giat lagi turun ke lapangan atau ke lokus masing-masing.

"Kami akan terus bergerak dan turun ke lapangan untuk memberikan sembako yang ada di b baznas maupun Dinas P2KBP3A ke lokus-lokus stunting yang berada di Kecamatan dan Desa," ucap Hj. Yulia Herma.

Sementara itu, Kadis Kominfoss Hendra Roza, S. Si juga menanggapi arahan Asisten II terkait sinergitas OPD untuk menekan angka stunting.

"Dinas Kominfoss siap menjadi bagian dari upaya menekan angka stunting di Kuansing dengan bersinergi untuk meliput dan mengkampanyekan kegiatan stunting melalui media," pungkas Kadis Kominfoss.

Rapat ini diikuti oleh Ketua TP PKK Kuansing Hj. Yulia Herma Suhardiman, Kadis DP2KBP3A dan sejumlah Kepala Perangkat Daerah beserta staf, Camat Se- Kuansing dan juga Baznas Kabupaten Kuansing.

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan dipublikasikan. Kolom isian yang wajib diisi ditandai *
Catatan: HTML tidak diterjemahkan!

Profil Kuansing

  • Bupati
    Drs. H. Suhardiman Amby ,Ak. MM
  • Wakil Bupati
    -
  • Hari Jadi
    12 Oktober 1999
  • Luas
    7.656,03 km2
  • Penduduk
    325.307 jiwa (2016)
  • Kepadatan
    41,53 km2 (2016)
  • Kecamatan
    15
  • Kelurahan
    11
  • Zona Waktu
    WIB (GMT +7)
  • Kode Telepon
    +62 0760
  • Koordinat
    0 000 -1 0 00 LS
    101 0 02 - 101 0 55 BT
  • Ketinggian
    400 mdpl
LPPL Kuansing FM
LPPL Kabupaten Kuantan Singingi