Kabupaten
Kuantan Singingi

Plt Bupati Kuansing Suhardiman Amby sulut Api Perdana pelayuran Jalur di Desa Jalur Patah

JALUR PATAH,  Plt Bupati Kuantan Singingi Drs H Suhardiman Amby Ak MM melakukan penyulutan api perdana pelayuran dan beri nama jalur Desa Jalur Patah yang baru, yakni “Salosar Bumi Tuah Nagori”, pada Sabtu (15/10/2022) malam di Lapangan Bola Libuai Desa Jalur Patah Kecamatan Sentajo Raya Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau.

Kepala Desa (Kades) Jalur Patah Fahrizal berharap pembuatan jalur di desanya itu menjadi sebuah pemersatu, meskipun jalur ini milik Desa Jalur Patah, namun tidak akan terlepas dari Kenegerian Teratak Air Hitam, karena sesuai filosifi pacu jalur itu sendiri adalah kekompakan, bersama-sama, bergotong royong.

“Jalur ini adalah jalur pemersatu Kenegerian Teratak Air Hitam, bukan sebaliknya. Mari kita satu komando, bersama-sama, insya Allah semuanya apa yang kita impikan akan tercapai,” ujar Fahrizal.

Sementara itu, Camat Sentajo Raya Jhon Hendri SAg MSi dalam sambutannya mengatakan, kehadiran Plt Bupati Kuansing Drs H Suhardiman Amby Ak MM merupakan suatu keberkahan bagi jalur yang dibuat oleh Desa Jalur Patah khususnya, secara umumnya berkah bagi Kenegerian Teratak Air Hitam.

“Meski hujan turun sejak pagi tadi hingga malam ini, namun masyarakat tetap antusias menantikan kehadiran Pak Bupati Kuantan Singingi H Suhardiman Amby, dan semoga hal ini menjadi suatu keberkahan bagi jalur dan masyarakat khususnya Desa Jalur Patah, umumnya Kenegerian Teratak Air Hitam ini,” ucap Jhon Hendri.

Dalam arahannya, Plt Bupati Kuansing H Suhardiman Amby yang hadir didampingi Wakil Ketua (Waka) DPRD Kuansing Zulhendri SPWK serta beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kepala Bagian (Kabag) dan Camat Jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kuansing memberikan apresiasi yang sangat luar biasa terhadap masyarakat Kenegerian Teratak Air Hitam, khususnya Desa Jalur Patah Kecamatan Sentajo Raya.

“Masyarakat Kenegerian Teratak Air Hitam umumnya dan khususnya Desa Jalur Patah patut diberikan apresiasi dan menjadi contoh bagi yang lainnya, dimana sudah ikut mendukung program Pemerintah Daerah (Pemda) Kuantan Singingi dalam hal ini pelestarian kebudayaan pacu jalur Kabupaten Kuantan Singingi,” ucap Suhardiman Amby.

Dalam kesempatan itu, Plt Bupati Kuansing yang bergelar adat Datuk Panglimo Dalam juga memimpin penggalangan dana untuk membantu biaya pembuatan jalur Desa Jalur Patah yang baru tersebut.

“Pada kesempatan ini telah terkumpul sejumlah dana berupa uang tunai untuk membantu pembiayaan pembuatan jalur kita yang baru ini, alhamdulillah terkumpul sebesar Rp 25 juta, yang berasal dari sumbangan para Kepala OPD, Kabag dan Camat yang hadir pada malam hari ini, yakni sebesar Rp 10 juta, dari Pak Waka I DPRD Kuantan Singingi Zulhendri sebesar Rp 5 juta, dan saya sendiri Rp 10 juta dan baju untuk para atlet atau anak pacuan. Semoga dana yang terkumpul ini dapat membantu meringankan pembiayaan pembuatan jalur kita ini,” ujar Suhardiman Amby.

Sebelum mengakhiri arahannya, Suhardiman Amby mengumumkan penamaan jalur yang baru ini, yakni “Salosar Bumi Tuah Nagori”. “Semoga dengan nama yang diberikan untuk nama jalur kita ini, dimana berasal dari mufakat kita bersama yakni “Salosar Bumi” dari masyarakat, dan “Tuah Nagori” dari kami, insya Allah membawa keberkahan nantinya. Aamiin,” ucap orang Nomor 1 di Kabupaten Kuansing itu mendo’akan yang diikuti oleh seluruh masyarakat dan undangan yang hadir.

Turut hadir  pada kesempatan ini Kadisdikpora H Masrul Hakim SAg MPd, Kadisdukcapil HM Refendi Zukman SSos MSi, Plt Kadisperkim Andrizul SKM, Plt Kadis BPPPMPKB Drs Muradi, Kalaksa BPBD H Yulizar M SSos MSi, Plt Kasatpol PP Shanti Evi Dimeti SH, Plt Kadis LH Drs Rustam, Kadisparbud Drs Azhar MM, Kadispersip Asnul SPd MM, Plt Kadishub Hazrianto SE, Plt Kabag Umum Drs Masnur Judin MM, Kabag Kesra Novrion SSos, Kabag PBJ Toto Pristiwandoyo SKom MM, Camat Singingi Deflides Gusni SP MSi, Camat LTD H Rian Fitra Yulianda SSTP, dan Camat Kuantan Tengah Agus Iswanto SSTP serta Kades, pemangku adat, dan tomas se Kecamatan Sentajo Raya.

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan dipublikasikan. Kolom isian yang wajib diisi ditandai *
Catatan: HTML tidak diterjemahkan!

Profil Kuansing

  • Bupati
    Andi Putra, SH, MH
  • Wakil Bupati
    Drs. H. Suhardiman Amby ,Ak. MM
  • Hari Jadi
    12 Oktober 1999
  • Luas
    7.656,03 km2
  • Penduduk
    325.307 jiwa (2016)
  • Kepadatan
    41,53 km2 (2016)
  • Kecamatan
    15
  • Kelurahan
    11
  • Zona Waktu
    WIB (GMT +7)
  • Kode Telepon
    +62 0760
  • Koordinat
    0 000 -1 0 00 LS
    101 0 02 - 101 0 55 BT
  • Ketinggian
    400 mdpl
LPPL Kuansing FM
LPPL Kabupaten Kuantan Singingi