Kabupaten
Kuantan Singingi

Sekda Kuansing Pimpin Apel Pencanangan Akreditasi RSUD Teluk Kuantan Serta Penandatanganan Komitmen Bersama Versi SNARS

Teluk Kuantan - Apel Pencanangan Akreditasi RSUD Teluk Kuantan dan Penggalangan Komitmen Bersama dibuka secara resmi oleh Sekda Kuansing Dr.H.Dianto Mampanini, SE.MT di halaman RSUD Teluk Kuantan, Rabu Pagi (09/05/2018).

Sekda Kuansing menyampaikan penghargaan dan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada seluruh insan rumah sakit yang telah berpartisipasi dalam proses kegiatan perbaikan pelayanan kesehatan di RSUD Teluk Kuantan.
"Dengan diadakannya pencanangan akreditasi ini adalah saya mewakili Bupati Kuantan Singingi mendorong penuh semua pihak yang ada di RSUD Teluk Kuantan untuk dapat mengsukseskan serta mendukung kegiatan accredited," tegas Dianto Mampanini.

Sehingga tercapai tujuan akreditasi, yaitu meningkatkan budaya keselamatan dan budaya mutu dari pelayanan kesehatan yang diberikan RSUD Teluk Kuantan. "Lebih penting lagi adalah, pengakuan dari masyarakat bahwa pelayanan di RSUD Teluk Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi benar-benar bisa diandalkan."

Sebanyak 380 orang perwakilan dari masing-masing bagian di RSUD Teluk Kuantan yang dipimpin oleh dr. Alfredo Hariadi. Sp.A dalam ikrar yang menyatakan siap menuju Akreditasi Paripurna versi Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS) Edisi 1 Tahun 2018 di Halaman Rumah Sakit milik Pemkab Kuansing.

“Waktu kita tinggal empat bulan ke depan menjelang bulan November 2018 untuk mempersiapkan segala sesuatunya. Karena itu, mari kita benahi, lengkapi, dan sempurnakan apa yang menjadi persyaratan dari penilaian akreditasi rumah sakit. Sehingga benar-benar RSUD Teluk Kuantan ini bisa mendapatkan akreditasi yang kita harapkan bersama,” ujarnya Dianto Mampanini.

Sementara Direktur RSUD Teluk Kuantan dr. H. Fahdiansyah. Sp.OG mengatakan untuk menuju rumah sakit yang terakreditasi SNARS 2018, maka rumah sakit ini harus mempersiapkan diri agar bagaimana benar-benar bisa terakreditasi dengan predikat yang di harapkan.

Fahdiansyah mengakui, memang masih banyak yang perlu dibenahi di RSUD Teluk Kuantan, sehingga bisa meraih akreditasi rumah sakit yang diharapkan tersebut. Namun demikian, pemerintah daerah, kata dia, berharap dengan segala kekurangannya, RSUD Teluk Kuantan tetap harus memperhatikan kelengkapan Standar Operasional Prosedur (SOP).

Selain itu, terkait kelengkapan manajemen rumah sakit, termasuk memperhatikan keselamatan pasien, keselamatan dokter dan perawat juga harus ada SOP-nya. Kemudian kelengkapan sarana prasarana dan fasilitas umum yang mendukung pelaksanaan rumah sakit ini.

“Ini harus menjadi perhatian kita semua. Saya yakin dengan kebersamaan kita, pasti kita bisa meraih akreditasi versi SNARS tersebut dengan kita menggalang komitmen bersama, berarti kita siap menuju akreditasi SNARS 2018," ungkapnya.

”Kami mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah dalam hal ini Bapak Bupati Kuansing yang diwakili Sekda Dianto Mampanini yang telah menandatangani komitmen bersama dan mendukung RSUD ini dengan kita menggalang komitmen bersama sebagaimana jargon yang selalu kita ucapan 'Akreditasi Yes, Paripurna Pasti' , berarti kita siap menuju akreditasi SNARS 2018,” ucapnya usai apel.

Dia menambahkan, adapun yang menjadi tujuan dari akreditasi rumah sakit itu sendiri adalah untuk menilai dan mengukur sejauh mana kepatuhan dari rumah sakit terhadap standar-standar yang susah disusun oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS).

Lebih lanjut, usai apel Kasubag Umum Mauris ramadian. SE.MM menambahkan pula untuk menghadapi penilaian akreditasi SNARS 2018 ini, pihaknya sudah jauh-jauh hari telah menyusun dan membentuk tim persiapan akreditasi RSUD Teluk Kuantan.

“Tim yang dibentuk ini terdiri dari berbagai disiplin ilmu. Apakah dari dokter, perawat, dan dari sarjana kesehatan lainnya, termasuk dari sarjana ekonomi, dan bagian administrasi lainnya,” tambah Mauris.

Turut hadir pada acara ini, Dewan Pengawas BLUD, yakni Asisten Ekonomi Pembangunan Dr. Indra Suandy, ST. M.Si, Inspektur Hernalis, S.Sos, Kepala Dinas Kesehatan dr. Reza Tjahyadi.

1 Komentar

2018-09-05 08:33:47 . Reply
Mudah2n rs Taluk lulus akreditasi.kita pasti bisa.

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan dipublikasikan. Kolom isian yang wajib diisi ditandai *
Catatan: HTML tidak diterjemahkan!

Profil Kuansing

  • Bupati
    Drs. H. Suhardiman Amby ,Ak. MM
  • Wakil Bupati
    -
  • Hari Jadi
    12 Oktober 1999
  • Luas
    7.656,03 km2
  • Penduduk
    325.307 jiwa (2016)
  • Kepadatan
    41,53 km2 (2016)
  • Kecamatan
    15
  • Kelurahan
    11
  • Zona Waktu
    WIB (GMT +7)
  • Kode Telepon
    +62 0760
  • Koordinat
    0 000 -1 0 00 LS
    101 0 02 - 101 0 55 BT
  • Ketinggian
    400 mdpl
LPPL Kuansing FM
LPPL Kabupaten Kuantan Singingi