Kabupaten
Kuantan Singingi

Wabup Hadiri Acara Olek - olek Banjar di Desa Pulau Ingu Kenegrian Simandolak

Simandolak - Awali musim tanam padi tabun 2017/2018, masyarakat Desa Pulau Ingu kenegerian Simandolak menggelar acara olek-olek banjar, kegiatan ini dibuat guna mendapatkan ridho dan kemurahan rezeki dari Allah WT dengan pengharapan musim tanam padi tahun ini berhasil dan meningkat produksinya dari tahun sebelumnya.

Wakil Bupati Kuantan Singingi H Halim yang menghadiri acara tersebut menyampaikan pemerintah daerah turut berdoa dan berharap agar hasil panen tahun ini bisa mendapatkan hasil maksimal terhindar dari segala macam penyakit dan hama serta bencana yang dapat menyebabkan gagal panen.

"Kita menginginkan dalam waktu tiga atau empat bulan kedepan masyarakat Pulau Ingu bisa bergembira karena produksi padinya melimpah," ujar Wabup seraya meminta kepada petani untuk senantiasa mengikuti anjuran para penyuluh pertanian  mulai dari penggunaan benih unggul, pupuk, cara tanam, jarak tanam jajar legowo serta pengendalian hama dan penyakit.

Camat Benai Yuhendra atas nama masyarakat dan pemangku adat dan tokoh masyarakat Pulau Ingu dikesempatan itu menyampaikan keluhan masyarakat dalam mengolah lahan pertaniàn karena kurangnya debit air yang ada disawah.

Sehubungan hal itu dia berharap kepada pemerintah kabupaten agar berkenan membuatkan dam guna menampung air hujan yang turun agar tidak langsung mengalir ke Sungai Kuantan. Dam tersebut ada tiga titik dengan total panjang keseluruhan sekitar 70 meter.

Menanggapi permintaan tersebut Wàbup H Halim menyampaikan dirinya akan berusaha menyampaikan aspirasi tersebut kepada dinas teknis terkait. "Akan coba saya perjuangkan untuk pembangunan dam tersebut," kata wabup.

Sementara itu Kàdis Pertanian Ir Maisir menjelaskan jumlah luasan sawah yang ada du Kecamatan Benai ada seluas 700 hektar, dari jumlah tersebut 500 hektar terdapat di kenegerian Siberakun dan 175 hektar ada di Desa Pulau Ingu.

Namun untuk luasan sawah keseluruhan di Kuansing ada 6000 hektar dengan rata rata produksi 3 ton perhektar. "Dari jumlah produksi tersebut Kuansing masih kekurangan beras separuhnya lagi sehingga terpaksa beras kita di datangkan dari luar seperti dari Sumbar.

Acara olek oleh Banjar di Desa Pulau Ingu ini dilaksanakan di SDN 009 Benai dan dihadiri sejumlah kepala OPD di lingkungan Pemkab Kuansing dan Kabag Humas dan Protokol Muradi.

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan dipublikasikan. Kolom isian yang wajib diisi ditandai *
Catatan: HTML tidak diterjemahkan!

Profil Kuansing

  • Bupati
    Drs. H. Suhardiman Amby ,Ak. MM
  • Wakil Bupati
    -
  • Hari Jadi
    12 Oktober 1999
  • Luas
    7.656,03 km2
  • Penduduk
    325.307 jiwa (2016)
  • Kepadatan
    41,53 km2 (2016)
  • Kecamatan
    15
  • Kelurahan
    11
  • Zona Waktu
    WIB (GMT +7)
  • Kode Telepon
    +62 0760
  • Koordinat
    0 000 -1 0 00 LS
    101 0 02 - 101 0 55 BT
  • Ketinggian
    400 mdpl
LPPL Kuansing FM
LPPL Kabupaten Kuantan Singingi